fbpx

Semakin terjangkaunya harga tiket dan makin bervariasinya pilihan yang diberikan oleh setiap maskapai penerbangan yang ada membuat masyarakat lebih memilih transportasi udara ini sebagai alat transportasinya. Hal ini membuat semakin meningkatnya permintaan akan pasar domestik yang mengakibatkan banyak maskapai penerbangan yang berlombalomba untuk menambah jumlah armadanya. Simpulan yang paling tepat dari dua kalimat di atas adalah ….

Semakin terjangkaunya harga tiket dan makin bervariasinya pilihan yang diberikan oleh setiap maskapai penerbangan yang ada membuat masyarakat lebih memilih transportasi udara ini sebagai alat transportasinya. Hal ini membuat semakin meningkatnya permintaan akan pasar domestik yang mengakibatkan banyak maskapai penerbangan yang berlombalomba untuk menambah jumlah armadanya.

Simpulan yang paling tepat dari dua kalimat di atas adalah ….
(A) Semakin terjangkaunya harga tiket dan makin bervariasinya pilihan yang diberikan oleh setiap maskapai penerbangan mengakibatkan banyak maskapai penerbangan yang berlomba-lomba untuk menambah jumlah armadanya.
(B) Semakin tidak menentunya harga tiket atau makin bervariasinya pilihan yang diberikan oleh setiap maskapai penerbangan mengakibatkan banyak maskapai penerbangan yang berlomba-lomba untuk menambah jumlah armadanya.
(C) Walaupun masyarakat lebih memilih transportasi udara ini sebagai alat transportasinya tidak mengakibatkan maskapai penerbangan yang berlomba- lomba untuk menambah jumlah armadanya
(D) Semakin tidak menentunya harga tiket dan semakin berkurang variasi pilihan yang diberikan oleh setiap maskapai penerbangan mengakibatkan banyak maskapai penerbangan yang berlomba-lomba untuk menambah jumlah armadanya
(E) Semakin berkurangnya permintaan pasar mengakibatkan semakin terjangkaunya harga tiket dan makin bervariasinya pilihan serta banyak maskapai penerbangan yang berlombalomba untuk menambah jumlah armadanya.

Jawaban soal di atas adalah (A) Semakin terjangkaunya harga tiket dan makin bervariasinya pilihan yang diberikan oleh setiap maskapai penerbangan mengakibatkan banyak maskapai penerbangan yang berlomba-lomba untuk menambah jumlah armadanya.

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simpulan adalah keputusan yang diambil dari cara berpikir baik secara deduktif maupun induktif dari suatu gagasan atau pembahasan. Selain itu simpulan juga dapat diartikan sebagai pendapat terakhir yang bersifat komprehensif dari sebuah teks/pembicaraan yang dapat memberikan informasi kepada pembaca/pendengar secara singkat.

Simpulan memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari ringkasan atau rangkuman. Ciri-ciri tersebut sebagai berikut:
1. Simpulan harus sederhana, singkat, dan jelas. Kesimpulan secara keseluruhan merangkum gagasan-gagasan yang dipaparkan di bagian isi.
2. Pesan di dalam teks semua tersampai walau dengan cara yang lebih singkat.
3. Berisi intisari teks yang mencakup keseluruhan isi.
4. Dibuat berdasarkan kata kunci yang terdapat pada ide pokok dan penjelas
5. Simpulan dapat ditemukan di akhir kalimat, namun bisa juga bergabung dengan kalimat utama. Untuk itu, gabungkan kalimat utama dengan kalimat akhir pada teks untuk membuat sebuah kesimpulan.

Berikut langkah-langkah membuat kesimpulan:
1. Baca teks dengan saksama untuk memahami isinya.
2. Catat ide pokok dalam teks.
3. Tulis kembali berbagai pokok pikiran dengan susunan kalimat sendiri dengan ringkas berisi informasi yang ditulissecara jelas serta runtut.

Simpulan yang paling tepat teks di atas adalah “Semakin terjangkaunya harga tiket dan makin bervariasinya pilihan yang diberikan oleh setiap maskapai penerbangan mengakibatkan banyak maskapai penerbangan yang berlomba-lomba untuk menambah jumlah armadanya.” Simpulan ini mengandung seluruh gagasan inti yang terdapat pada teks.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Semoga membantu.😊