fbpx

Jumlah tersebut diperkirakan akan semakin melonjak melihat perkembangan populasai warganet Indonesiabyang semakin meluas dalam 10 tahun terakhir. Terdapat dua faktor utama penyebab lonjakan warganet. Faktor pertama adalah murahnya tariff internet di Indonesia. Berdasar hasil pengumpulan data dari enam operator penyedia internet nasional pada Agustus 2018, terungkap bahwa tariff perkilobit termurah adalah Rp. 0,003 perkilobit. Tarif tersebut didapatkan dari paket data sebesar 20 gigabit yang dijual dengan harga Rp100.000 dengan masa aktif satu bulan. Berdasarkan paragraf kedua, jika tarif internet semakin murah, maka

Jumlah tersebut diperkirakan akan semakin melonjak melihat perkembangan populasai warganet Indonesiabyang semakin meluas dalam 10 tahun terakhir. Terdapat dua faktor utama penyebab lonjakan warganet. Faktor pertama adalah murahnya tariff internet di Indonesia. Berdasar hasil pengumpulan data dari enam operator penyedia internet nasional pada Agustus 2018, terungkap bahwa tariff perkilobit termurah adalah Rp. 0,003 perkilobit. Tarif tersebut didapatkan dari paket data sebesar 20 gigabit yang dijual dengan harga Rp100.000 dengan masa aktif satu bulan.

Berdasarkan paragraf kedua, jika tarif internet semakin murah, maka
(A) Jumlah pengguna internet sedikit
(B) Jumlah pengguna internet semakin melonjak
(C) Jumlah pengguna internet tidak melonjak
(D) Jumlah pengguna internet stabil
(E) Tidak ada kesimpulan yang tepat

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah (B) Jumlah pengguna internet semakin melonjak.

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Informasi adalah sekumpulan data dan fakta yang dikemas dan disusun agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi dalam sebuah paragraf dapat dibedakan menjadi informasi tersurat dan tersirat.
1. Informasi tersurat : informasi yang telah tertulis secara eksplisit atau langsung di dalam teks. Informasi ini dapat ditemukan pada tiap-tiap kalimat dalam teks tersebut.
2. Informasi tersirat: informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mendapatkannya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

langkah-langkah menemukan informasi sesuai teks:
1. Baca teks dengan saksama.
2. Temukan gagasan/inti teks
3. Temukan kata kunci pada teks. Kata kunci adalah kata yang muncul secara berulang.
4. Sesuaikan isi teks dengan pernyataan pada pilihan jawaban.

Sesuai dengan teks di atas, jika internet semakin murah, maka Jumlah pengguna internet semakin melonjak. Hal ini sesuai dengan yang tertera di dalam kalimat dua dan tiga. Berikut kutipannya “Terdapat dua faktor utama penyebab lonjakan warganet. Faktor pertama adalah murahnya tarif internet di Indonesia.” Pada kutipan tersebut disebutkan ada dua faktor yang menyebabkan lonjakan pengguna internet, salah satunya adalah murafnya tarif internet.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Semoga membantu.😊