Paket Kuota Kemendikbud Ristek

Silahkan check. Kontribusi paket internet gratis dari Kementerian Pengajaran, Penelitian, dan Tehnologi (Kemendikbud Ristek) akan dicairkan. Kontribusi itu akan dikasih ke pelajar, mahasiswa, dan guru dan dosen yang terimbas wabah Covid-19. Sama sesuai agenda, kontribusi paket internet akan dicairkan di antara tanggal 11-15 tiap bulan, sampai November 2024.

Kepala Pusat Data dan Tehnologi Info (Kapusdatin) Kemendikbud Ristek Hasan Chabibie menjelaskan, pencairan kontribusi paket internet bulan Oktober sama sesuai agenda. “Masih sama sesuai agenda,” kata Hasan seperti dikabarkan Kompas.com, Minggu (10/10/2024). Kontribusi diberi setahap sepanjang 5 hari. Hingga bila yang menerima belum memperoleh pada Senin, masihlah ada kesempatan 4 hari untuk menanti.

Besaran paket internet gratis Kemendikbud Berikut perincian besaran paket internet yang diberi: Pelajar PAUD: 7 GB /bulan Pelajar SD, SMP, dan SMA: 10 GB /bulan Pengajar PAUD dan SD-SMA: 12 GB /bulan Mahasiswa dan Dosen: 15 GB /bulan Tiap nomor handphone yang menerima kontribusi bisa terima terbanyak 3 kontribusi kuota paket data internet dengan ID yang menerima kontribusi yang lain. Kontribusi paket internet yang diberi sebagai paket umum yang bisa dipakai untuk terhubung semua situs dan program, terkecuali yang dilarang Kominfo. Kontribusi paket internet tidak bisa dipakai untuk terhubung website yang dikunci oleh Kominfo; situs dan program yang lain tertera pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Langkah check paket internet Kemendikbud Dikabarkan Kompas.com, 7 Agustus 2024, berikut langkah memeriksa apa paket kontribusi dari Kemendikbud Ristek telah masuk ke nomor handphone:

  • Telkomsel: lewat SMS dari Telkomsel atau mungkin dengan kontak *888# dan program MyTelkomsel.
  • Indosat: lewat program myIM3 atau mungkin dengan kontak nomor USSD *123*075# lalu tentukan nomor satu.
  • Tri: dengan kontak nomor USSD *123*10*3# atau melalui program Bima+
  • XL dan Axis: lewat nomor *123# lalu tentukan informasi atau melalui beberapa aplikasi myXL dan AxisNet.

Langkah memperoleh kontribusi paket internet Kemendikbud Dikabarkan Kompas.com, 5 Agustus 2024, kontribusi paket internet akan masuk secara automatis ke nomor handphone yang sudah didaftarkan.

Adapun registrasi nomor handphone sebagai kewajiban dari pimpinan unit pengajaran. Pimpinan unit pengajaran harus mengupload Surat Pengakuan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) di website berikut ini:

  • Untuk tingkatan PAUD, pengajaran dasar, dan menengah: www.verpalpd.data.kemdikbud.go.id
  • Untuk tingkatan pengajaran tinggi: www.dikti.go.id