fbpx

Jika dibandingkan dengan negar-negara di dunia, rentang tarif Internet di Indonesia masuk kategori murah. Data survei McKinsey tahun 2016 menunjukkan tariff internet di Indonesia adalah kedua yang paling murah di dunia setelah India. Tarif Internet per gigabit di Indonesia senilai Rp. 92.480. Dikawasan Asia Tenggara, negara yang tarif internetnya paling dekat selisihnya dengan Indonesia adalah Thailand yakni Rp. 165.920 per gigabit. Sedangkan tari Internet paling mahal di dunia ada di Kanada dengan uang Rp. 1,6 juta hanya mendapatkan internet 1 gigabit saja. Berdasarkan paragraf ketiga dan keempat, pernyataan yang tepat adalah

Jika dibandingkan dengan negar-negara di dunia, rentang tarif Internet di Indonesia masuk kategori murah. Data survei McKinsey tahun 2016 menunjukkan tariff internet di Indonesia adalah kedua yang paling murah di dunia setelah India. Tarif Internet per gigabit di Indonesia senilai Rp. 92.480.

Dikawasan Asia Tenggara, negara yang tarif internetnya paling dekat selisihnya dengan Indonesia adalah Thailand yakni Rp. 165.920 per gigabit. Sedangkan tari Internet paling mahal di dunia ada di Kanada dengan uang Rp. 1,6 juta hanya mendapatkan internet 1 gigabit saja.

Berdasarkan paragraf ketiga dan keempat, pernyataan yang tepat adalah

(A) Indonesia menempati urutan pertama tarif internet termurah di dunia
(B) Indonesia menempati urutan pertama tarif Internet termahal di dunia
(C) Indonesia menempati urutan pertama tarif internet termurah di Asia Tenggara
(D) Indonesia menempati urutan kedua tarif internet termurah di Asia Tenggara
(E) Indonesia menempati urutan pertama tarif internet termahal di Asia Tenggara

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah (C) Indonesia menempati urutan pertama tarif internet termurah di Asia Tenggara

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Informasi adalah sekumpulan data dan fakta yang dikemas dan disusun agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi dalam sebuah paragraf dapat dibedakan menjadi informasi tersurat dan tersirat.
1. Informasi tersurat : informasi yang telah tertulis secara eksplisit atau langsung di dalam teks. Informasi ini dapat ditemukan pada tiap-tiap kalimat dalam teks tersebut.
2. Informasi tersirat: informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mendapatkannya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

langkah-langkah menemukan informasi sesuai teks:
1. Baca teks dengan saksama.
2. Temukan gagasan/inti teks
3. Temukan kata kunci pada teks. Kata kunci adalah kata yang muncul secara berulang.
4. Sesuaikan isi teks dengan pernyataan pada pilihan jawaban.

Sesuai dengan teks di atas, pernyataan yang tepat adalah “Indonesia menempati urutan pertama tarif internet termurah di Asia Tenggara”. Yang menjadi kunci pernyataan ini adalah kalimat “Data survei McKinsey tahun 2016 menunjukkan tarif internet di Indonesia adalah kedua yang paling murah di dunia setelah India” dan kalimat “Di kawasan Asia Tenggara, negara yang tarif internetnya paling dekat selisihnya dengan Indonesia adalah Thailand yakni Rp. 165.920 per gigabit.” Berdasarkan dua kalimat ini dapat disimpulkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki tarif internet termurah di Asia Tenggara dan nomor dua termurah di dunia setelah India.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Semoga membantu.😊