Bagaimanakah seharusnya peran Negara RI terhadap peristiwa perang Ukraina dan Rusia?beri penjelasan

bagaimanakah seharusnya peran Negara RI terhadap peristiwa perang Ukraina dan Rusia?beri penjelasan

Peran Indonesia dalam konflik Rusia dan Ukraina hendaknya didasarkan pada penerapan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif. Dalam hal ini, sebagaimana konflik Kamboja, Indonesia juga bisa berperan sebagai pihak penengah.

Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan berikut.

Definisi Politik Luar Negeri Indonesia disampaikan oleh Hatta dalam sebuah pidato berjudul “Mendayung diantara Dua Karang”. Hatta mendefinisikan kata “bebas” pada sikap netral Indonesia yang tidak berpihak pada blok Barat maupun blok Timur atau blok manapun yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, yakni Pancasila. Sedangkan kata “aktif” merujuk pada usaha Indonesia dalam menjaga perdamaian antara blok Barat dan Timur dengan bersikap aktif dalam menjalankan kebijakan luar negeri.

Selain itu, landasan konstitusional dalam pelaksanaan politik luar negeri Indonesia adalah Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 alinea pertama “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan” dan alinea keempat”….dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial….”.

Atas kedua dasar tersebut, Indonesia dapat berperan sebagai penengah kedua belah pihak yang sedang berkonflik. Atas dasr kedua hal tersebut pula Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi melakukan sambungan telepon pada kedua Menteri Luar Negeri Rusia dan Ukraina. Dalam komunikasi tersebut, Marsudi menyampaikan agar kedua pihak menyelesaikan konflik dengan damai. Marsudi juga menekankan penyelesaian konflik secara damai melalui perundingan dan dialog.

Oleh karena itu, Indonesia berdasar landasan konstitusional serta landasan politik luar negeri bebas-aktif dapat berperan sebagai penengah dalam konflik Rusia dan Ukraina.

Semoga membantu ya…