Yang tidak dapat mengubah harga keseimbangan adalah perubahan

Yang tidak dapat mengubah harga keseimbangan adalah perubahan
A. Harga barang substitusi
B. pendapatan konsumen
C. Harga input.
D. teknologi produksi
E. Harga barang bersangkutan

Jawabannya E.

Pembahasan:
Berubahnya harga keseimbangan disebabkan oleh adanya pergeseran pada kurva permintaan atau kurva penawaran. Berikut penyebab yang membuat kurva permintaan dan penawaran bergeser:
– Harga barang subtitusi, ketika harga barang subtitusi naik maka jumlah permintaan terhadap suatu barang akan meningkat, sebaliknya apabila harga barang subtitusi turun maka jumlah permintaan terhadap suatu barang akan menurun. Hal ini akan menyebabkan kurva permintaan bergeser.
– Pendapatan konsumen, tingkat pendapatan konsumen memengaruhi jumlah barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen, sehingga akan membuat kurva permintaan bergeser apabila pendapatan konsumen berubah.
– Harga input, yaitu harga berbagai faktor produksi seperti bahan baku, tenaga kerja, dan lainnya. Harga input akan menyebabkan pergeseran kurva penawaran apabila terdapat kenaikan dan penurunan harga input, yang menjadi sebab bertambah atau berkurangnya jumlah barang yang ditawarkan.
– Teknologi produksi, ketika perusahaan menggunakan teknologi dalam kegiatan produksi maka barang yang dihasilkan akan meningkat dengan biaya produksi yang efisien. Teknologi produksi ini akan mengubah posisi kurva penawaran ke kanan, sebagai akibat bertambahnya kuantitas penawaran.

Adapun harga barang yang bersangkutan, tidak mengubah harga keseimbangan, namun hanya menyebabkan pergerakan atas kurva permintaan dan penawaran.

Jadi, jawabannya adalah E. harga barang bersangkutan.

Semoga membantu!