1) Bagaimana sistem pengelolaan sampah mulai dari pengumpulan, penyimpanan, pengangkutan, dan pembuangan sampah sementara di Pasar Buah Berastagi ? 2) Bagaimana sarana dan prasarana yang digunakan untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi ? 3) Apa saja solusi yang dapat ditawarkan untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi ? Tujuan penelitian berdasarkan kutipan karya ilmiah tersebut adalah….

Penggalan karya ilmiah berikut
1) Bagaimana sistem pengelolaan sampah mulai dari pengumpulan, penyimpanan, pengangkutan, dan pembuangan sampah sementara di Pasar Buah Berastagi ?
2) Bagaimana sarana dan prasarana yang digunakan untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi ?
3) Apa saja solusi yang dapat ditawarkan untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi ?

Tujuan penelitian berdasarkan kutipan karya ilmiah tersebut adalah….
a. Untuk mengetahui permasalahan- permasalahan di Pasar Buah Berastagi.
b. Untuk mencari solusi atas permasalahan- permasalahan yang ada di Pasar Buah Berastagi.
c. Untuk mengetahui sarana dan prasarana yang digunakan untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi.
d. Untuk mengetahui pengumpulan, penyimpanan, pengangkutan, dan pembuangan sampah, serta solusi untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi.
e. Untuk mengetahui sistem pengelolaan sampah, sarana, dan prasarana, serta solusi untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi.

Jawabannya adalah E.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Karya ilmiah merupakan tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau kajian suatu masalah yang disusun seseorang atau kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan.

Sebuah karya ilmiah selalu diawali dengan bagian pendahuluan. Salah satu unsur dalam bagian pendahuluan karya ilmiah adalah tujuan penelitian.

Tujuan penelitian adalah uraian singkat serta jelas tentang tujuan apa yang hendak dicapai dalam penelitian tersebut. Penyusunan tujuan penelitian didasarkan pada pertanyaan yang disusun dalam rumusan masalah.

Berdasarkan penjelasan di atas, tujuan penelitian berdasarkan kutipan karya ilmiah tersebut adalah “Untuk mengetahui sistem pengelolaan sampah, sarana, dan prasarana, serta solusi untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi.” Tujuan tersebut telah mencakup rumusan masalah, yaitu mengenai sistem pengelolaan sampah, sarana, dan prasarana, serta solusi untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Semoga membantu 🙂