Bacalah pernyataan berikut! Di era sekarang ,banyaknya genre tayangan televisi tidak dapat dihindari, melalui penonton televisi, kita memperoleh bermacam informasi dan hiburan.pertanyaannya adakah dampak negatif yang ditimbulkan dari menonton televisi?sebagian masyarakat menganggap bahwa menonton televisi berdampak positif,tetapi sebagian juga menganggap bahwa menonton televisi berdampak negatif . Dalam teks diskusi,pernyataan di atas dikategorikan sebagai….

7.Bacalah pernyataan berikut!
Di era sekarang ,banyaknya genre tayangan televisi tidak dapat dihindari, melalui penonton televisi, kita memperoleh bermacam informasi dan hiburan.pertanyaannya adakah dampak negatif yang ditimbulkan dari menonton televisi?sebagian masyarakat menganggap bahwa menonton televisi berdampak positif,tetapi sebagian juga menganggap bahwa menonton televisi berdampak negatif .

Dalam teks diskusi,pernyataan di atas dikategorikan sebagai….
A.Isu
B.Argumen yang mendukung
C.Argumen yang menolak
D.simpulan

Jawabannya adalah A.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Teks diskusi adalah bahan tertulis sebagai media untuk mencatat hal-hal penting tentang suatu masalah dalam pertemuan ilmiah yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal.

Struktur teks diskusi terdiri atas:
1. Isu yang berisi permasalahan atau isu pokok pembahasan. Diskusi diawali dengan penggambaran atau penjabaran singkat mengenai topik yang akan dibahas. Penggambaran tersebut dapat berupa beberapa sudut pandang yang menjadi perdebatan secara sekilas.
2. Argumen, yaitu bagian di mana terjadi penyampaian pendapat. Terdapat argumen pro (mendukung) dan kontra (menolak). Argumen berisi sanggahan atau pernyataan yang menguatkan salah satu posisi. Bagian argumen dalam teks diskusi berbeda dengan argumen dalam teks eksposisi dan teks tanggapan. Argumen pada teks diskusi dukungan dan pertentangan terhadap sebuah isu.
3. Kesimpulan merupakan bagian akhir dari teks diskusi yang berisi kesimpulan dan saran. Dapat pula dituangkan dalam bentuk rekomendasi atau penyelesaian masalah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dalam teks diskusi, pernyataan di atas dikategorikan sebagai isu. Isu dalam teks diskusi tersebut ditandai dengan cuplikan “Di era sekarang, banyaknya genre tayangan televisi tidak dapat dihindari, melalui penonton televisi, kita memperoleh bermacam informasi dan hiburan.” yang merupakan penggambaran topik yang akan didiskusikan, yaitu mengenai dampak menonton televisi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Semoga membantu 🙂