fbpx

Implementasi blockchain merupakan angin segar dalam proses transaksi perdagangan, baik perdagangan domestik maupun perdagangan internasional (ekspor-impor) Adapun transaksi trade finance konvensional selama ini kerap dianggap rumit, tidak efisien, dan cenderung membutuhkan waktu yang lama. Kondisi ini diperparah oleh pandemi Covid-19 yang berdampak pada pembatasan wilayah dan aktivitas, membuat berbagai prosedur dalam transaksi juga menjadi terhambat. Utilisasi blockchain dalam perdagangan akan menghemat waktu transaksi, meminimalkan risiko penggelapan, serta menyederhanakan proses kompleks yang selama ini menjadi tantangan dalam perdagangan konvensional. Selain itu, teknologi blockchain akan memperluas jangkauan layanan bank konvensional dan memberikan kemudahan bagi nasabah trade finance untuk dapat bertransaksi tanpa harus datang ke kantor cabang bank konvensional. Pernyataan yang benar menurut bacaan di atas adalah

Implementasi blockchain merupakan angin segar dalam proses transaksi perdagangan, baik perdagangan domestik maupun perdagangan internasional (ekspor-impor) Adapun transaksi trade finance konvensional selama ini kerap dianggap rumit, tidak efisien, dan cenderung membutuhkan waktu yang lama. Kondisi ini diperparah oleh pandemi Covid-19 yang berdampak pada pembatasan wilayah dan aktivitas, membuat berbagai prosedur dalam transaksi juga menjadi terhambat. Utilisasi blockchain dalam perdagangan akan menghemat waktu transaksi, meminimalkan risiko penggelapan, serta menyederhanakan proses kompleks yang selama ini menjadi tantangan dalam perdagangan konvensional. Selain itu, teknologi blockchain akan memperluas jangkauan layanan bank konvensional dan memberikan kemudahan bagi nasabah trade finance untuk dapat bertransaksi tanpa harus datang ke kantor cabang bank konvensional.

Pernyataan yang benar menurut bacaan di atas adalah
A. Implementasi blockchain lebih tepat
diterapkan pada transaksi antar negara.
B. Transaksi dengan blockchain cukup rumit sehingga sulit di palsukan.
C. Utilisasi blockchain dalam perdagangan cukup kompleks sehingga aman.
D. Pandemi Covid-19 menghambat implementasi blockchain.
E. Transaksi dengan blockchain bisa dilakukan secara daring.

Jawaban soal di atas adalah E. Transaksi dengan blockchain bisa dilakukan secara daring.

Lagi Viral :  (1) Pendidikan merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. (2) Pendidikan mempunyai peranan penting dalam hal ini. (3) Maka dari itu perlu ditingkatkannya kualitas pendidikan itu sendiri yang sangat dipengaruhi oleh sistem pendidikan, termasuk kurikulum, materi, pendidik, metode pembelajaran, dan juga media yang digunakan dalam pembelajaran. (4) Dalam pendidikan terdapat proses belajar mengajar, pada hakikatnya adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari pendidik kepada peserta didik. (5) Pesan atau informasi akan sampai kepada peserta didik apabila peserta didik dapat menangkap dan memahami isi pesan tersebut. (6) Terkadang pesan atau informasi tersebut tidak sampai kepada peserta didik karena faktor-faktor tertentu sehingga dibutuhkan alat bantu atau media dalam penyampaian pesan tersebut. (7) Selain itu, proses pembelajaran dapat berhasil dengan baik jika peserta didik diajak melibatkan semua alat inderanya karena semakin banyak alat indera yang digunakan untuk menerima dan mengolah pesan semakin banyak pula pesan yang dapat dimengerti dan bertahan lama dalam ingatan peserta didik. Simpulan manakah yang paling mungkin dalam bacaan di atas?

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Paragraf adalah bagian suatu karangan yang di dalamnya terdapat lebih dari satu kalimat yang berisi satu gagasan utama dan beberapa gagasan pendukung. Di dalam paragraf terdapat informasi.

Informasi adalah sekumpulan data dan fakta yang dikemas dan disusun agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi dalam sebuah paragraf dapat dibedakan menjadi informasi tersurat dan tersirat.
1. Informasi tersurat : informasi yang telah tertulis secara eksplisit atau langsung di dalam teks. Informasi ini dapat ditemukan pada tiap-tiap kalimat dalam teks tersebut.
2. Informasi tersirat: informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mendapatkannya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

Langkah-langkah menemukan informasi:
1. Membaca judul teks. Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menemukan informasi pada teks adalah dengan membaca judulnya. Judul akan memberikan gambaran besar akan pembahasan/isi teks.
2. Skimming atau kegiatan membaca sekilas. Tujuan skimming adalah menemukan informasi tertentu yang dibutuhkan. Skimming dapat membentuk keterampilan berpikir logis, cermat, dan sistematis dalam mencari informasi penting dalam penyelesaian masalah.
3. Mencatat isi pokok bacaan. Mencatat isi pokok bacaan menjadi langkah terakhir untuk menemukan informasi penting dalam teks. Langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik adiksimba yang merupakan singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.

Lagi Viral :  How does the idea in sentence 6 relate to the other ideas in paragraph 2?

Pernyataan yang benar sesuai teks di atas adalah “Transaksi dengan blockchain bisa dilakukan secara daring.” Hal ini dibuktikan dari informasi secara tersurat yang ada pada kalimat empat “Selain itu, teknologi blockchain akan memperluas jangkauan layanan bank konvensional dan memberikan kemudahan bagi nasabah trade finance untuk dapat bertransaksi tanpa harus datang ke kantor cabang bank konvensional.” Kalimat “tanpa harus datang ke kantor cabang” menunjukkan transaksi dapat dilakukan secara daring.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Semoga membantu.😊