2. Bacalah teks berikut! Cahaya matahari berupa pancaran gelombang elektromagnet termasuk bentuk energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya untuk menghasilkan listrik. Cahaya matahari dimanfaatkan sebagai listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang memanfaatkan energi foton cahaya matahari menjadi energi listrik. Pemanfaatan cahaya matahari agar menjadi listrik dapat dilakukan menggunakan sel surya. Apa informasi penting dari teks di atas?

2. Bacalah teks berikut!
Cahaya matahari berupa pancaran gelombang elektromagnet termasuk bentuk energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya untuk menghasilkan listrik. Cahaya matahari dimanfaatkan sebagai listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang memanfaatkan energi foton cahaya matahari menjadi energi listrik. Pemanfaatan cahaya matahari agar menjadi listrik dapat dilakukan menggunakan sel surya.

Apa informasi penting dari teks di atas?

Informasi penting dari teks di atas adalah cahaya matahari dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dengan cara menggunakan sel surya.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Informasi adalah sekumpulan fakta yang menggambarkan sebuah peristiwa atau kejadian tertentu. Informasi penting adalah suatu informasi mengenai suatu hal yang sifatnya sebagai pokok atau inti dari topik tersebut. Topik tersebut terdapat pada teks yang dibahas. Informasi penting hampir sama dengan gagasan pokok atau pikiran utama dalam suatu teks maupun paragraf. Informasi bermanfaat agar kita mengetahui atau memahami suatu hal.

Cara menemukan sebuah informasi penting dalam teks:
1. Membaca judul teks.
2. Membaca teks dengan cermat untuk mengetahui isi teks.
3. Mencatat isi pokok bacaan (ADIKSIMBA).

Berdasarkan penjelasan di atas, saat membaca teks dan hendak menuliskan informasi penting, kita harus mencari atau menemukan isi pokok atau ide pokok bacaan tersebut. Ide pokok teks tersebut ada di bagian awal, yakni pada kalimat “Cahaya matahari berupa pancaran gelombang elektromagnet termasuk bentuk energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya untuk menghasilkan listrik.” Dari ide pokok tersebut, bisa kita ambil informasi penting yang terkandung, yakni cahaya matahari dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dengan cara menggunakan sel surya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa informasi penting yang terkandung pada teks tersebut adalah cahaya matahari dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dengan cara menggunakan sel surya.

Semoga membantu ya 🙂