Menurut ahli astronomi, gerhana matahari adalah jatuhnya bayang bayang bulan ke bumi karena terhalangnya sinar matahari ke bumi oleh bulan. Pada umumnya, fenomena gerhana matahari tidak berlangsung lama, hanya 3-7 menit. Gerhana matahari terbagi atas 3 jenis yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari Cincin. Contoh teks diatas tergolong jenis teks.

Menurut ahli astronomi, gerhana matahari adalah jatuhnya bayang bayang bulan ke bumi karena terhalangnya sinar matahari ke bumi oleh bulan. Pada umumnya, fenomena gerhana matahari tidak berlangsung lama, hanya 3-7 menit. Gerhana matahari terbagi atas 3 jenis yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari Cincin.
Contoh teks diatas tergolong jenis teks.

Contoh teks di atas termasuk jenis teks eksplanasi.

Berikut penjelasannya.

Teks eksplanasi adalah teks yang memuat proses terjadinya suatu peristiwa. Teks eksplanasi memuat jawaban dari ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ suatu peristiwa alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi.

Berikut ciri-ciri teks eksplanasi.
1. Informasi yang disajikan berdasarkan fakta (faktual).
2. Hal yang dibahas ialah suatu fenomena yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
3. Sifatnya informatif.
4. Fokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia.

Teks di atas memuat penjelasan tentang terjadinya gerhana matahari, yakni jatuhnya bayang-bayang bulan ke bumi. Hal tersebut dibuktikan dalam kalimat “Menurut ahli astronomi, gerhana matahari adalah jatuhnya bayang bayang bulan ke bumi karena terhalangnya sinar matahari ke bumi oleh bulan.”

Dengan demikian, contoh teks di atas termasuk jenis teks eksplanasi.