Inti dari teks tersebut adalah ….

Bacalah teks berikut!
Energi surya adalah energi yang berupa panas dan cahaya yang dipancarkan matahari. *Energi* surya (matahari) merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang paling penting. Indonesia mempunyai potensi energi surya yang melimpah. Namun melimpahnya sumber energi surya di Indonesia belum dimanfaatkan secara optimal.

Inti dari teks tersebut adalah ….

Inti dari teks di atas adalah energi surya sebagai sumber energi.

Untuk memahami jawaban tersebut, berikut pembahasannya.

Ide pokok atau gagasan utama merupakan inti dari kalimat utama pada sebuah paragraf. Adapun kalimat utama merupakan simpulan dari sebuah paragraf. Kalimat utama berbentuk pernyataan umum yang akan didukung oleh kalimat-kalimat penjelas. Kalimat utama dibedakan menjadi tiga berdasarkan letaknya, yaitu di awal (deduktif), di akhir (induktif), dan awal-akhir (campuran).

Cara menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf, yaitu:
1) membaca paragraf dengan saksama;
2) menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas; dan
3) menentukan ide pokok dari kalimat utama sebuah paragraf.

Berdasarkan penjelasan, inti dalam teks di atas adalah energi surya sebagai sumber energi. Inti tersebut sesuai dengan ide pokok paragraf di atas yang berada di awal dan akhir paragraf, yaitu “Energi surya adalah energi yang berupa panas dan cahaya yang dipancarkan matahari.” dan “Namun melimpahnya sumber energi surya di Indonesia belum dimanfaatkan secara optimal.”

Dengan demikian, inti dari teks di atas adalah energi surya sebagai sumber energi.