Jelaskan mengapa aspek kewilayahan dan aspek sosial memicu munculnya konflik di Indonesia !

Jelaskan mengapa aspek kewilayahan dan aspek sosial memicu munculnya konflik di Indonesia !

Jawabannya adalah karena aspek kewilayahan dapat mempengaruhi pada pemerataan pembangunan yang tidak sama dengan wilayah lain, sementara pada aspek sosial berkaitan dengan banyaknya keragaman masyarakat yang dapat memicu munculnya konflik horizontal antar masyarakat.

Yuk simak pembahasannya ya.

Konflik sosial adalah proses sosial ketika individu atau kelompok dalam mencapai tujuannya menggunakan cara dengan menentang pihak lawan disertai ancaman dan kekerasan. Dalam hal ini konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat tidak akan pernah dapat dipisahkan oleh masyarakat karena berasal dari perbedaan dan proses interaksi negatif yang mengarah pada perselisihan dan pertentangan antar masyarakat. Jika dilihat Negara Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keragaman dan perbedaan sehingga dapat mudah terjadi konflik. Dalam hal ini yang mudah memicu konflik dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek kewilayahan dan aspek sosial.

Pada aspek kewilayahan berkaitkan dengan pemerataan pembangunan yang memiliki perbedaan disetiap wilayah Indonesia karena dipengaruhi Negara Indonesia memiliki banyak pulau sehingga wilayah yang terpencil dan jauh dari jangkauan masyarakat akan tidak terjamah pada pembangunan dan kemajuan baik infrastruktur maupun pembangunan sumberdaya manusianya. Sementara pada aspek sosial berkaitan dengan banyaknya keragaman yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia akan mudah memunculkan sikap-sikap yang dapat memicu konflik seperti entosentrisme, ekslusifme dan lain sebagainya yang akan berpotensi untuk terjadi konflik horizontal.

Terimakasih