Letak gagasan utama paragraf tersebut adalah ….

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga merupakan bentuk tanggung jawab warga negara yang berdampak pada semakin kuatnya suatu negara. Dalam kehidupan sehari-hari, menjaga persatuan dan kesatuan dapat dilaksanakan dengan saling membina kerukunan diantara warga masyarakat, antarpemeluk agama, suku, ras, dan budaya. Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong dalam kehidupan masyarakat akan mewujudkan persatuan dan kesatuan. Jika persatuan dan kesatuan terwujud dengan baik akan tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan tenteram sehingga negara akan semakin kuat. (Literasi Baca-Tulis)

Letak gagasan utama paragraf tersebut adalah ….

Letak gagasan utama paragraf tersebut adalah di awal paragraf.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Gagasan utama adalah ide utama atau inti pembahasan dari sebuah paragraf.
Gagasan utama bisa disebut juga ide pokok, topik, tema, pokok pikiran, gagasan umum, dan lainnya. Gagasan utama bisa terletak di awal paragraf, di akhir, atau di awal dan di akhir (campuran). Ciri gagasan utama di awal kalimat adalah mengungkapkan pernyataan umum, biasanya berisi definisi. Selanjutnya, gagasan utama di akhir kalimat berisi kesimpulan, cirinya adalah terdapat kata seperti jadi, oleh karena itu, maka, dengan demikian, dan lain-lain.

Cara menentukan gagasan utama adalah sebagai berikut.
1. Lihatlah kalimat terakhir paragraf! Apakah termasuk kesimpulan?
2. Jika tidak ada kesimpulan di akhir paragraf, maka gagasan utama ada di awal paragraf.

Berdasarkan soal di atas, teks tersebut mengandung kalimat utama di awal kalimat karena mengungkapkan pernyataan umum mengenai suku bangsa Indonesia. Adapun kalimat terakhir bukan merupakan simpulan, jadi gagasan utama tidak ada di akhir paragraf. Kutipan kalimat pertama adalah “Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga merupakan bentuk tanggung jawab warga negara” Dari kalimat utama di atas, dapat disimpulkan gagasan utamanya adalah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah tanggung jawab seluruh warga Indonesia.

Jadi, letak gagasan utama paragraf tersebut adalah di awal paragraf.

Semoga membantu ya:)