fbpx

Beberapa negara di dunia membentuk lembaga kerjasama dalam bidang keuangan apa tujuan pembentukan lembaga kerjasama tersebut berikan dua contoh lembaga kerjasama tersebut

Beberapa negara di dunia membentuk lembaga kerjasama dalam bidang keuangan apa tujuan pembentukan lembaga kerjasama tersebut berikan dua contoh lembaga kerjasama tersebut

Jawaban
Memenuhi kebutuhan dana bagi pengembangan perekonomian bangsa.

Pembahasan
Kerja sama ekonomi internasional merupakan hubungan antara suatu negara dengan negara lainnya dalam bidang ekonomi melalui kesepakatan-kesepakatan tertentu, dengan memegang prinsip keadilan dan saling menguntungkan. Tujuan utama kerjasama internasional dalam bidang keuangan adalah membiayai dan memenuhi kebutuhan dana bagi pengembangan atau pembangunan negara anggota. Contoh organisasi internasional dalam bidang keuangan adalah:

1. World Bank (Bank Dunia)
Bank Dunia (World Bank) didirikan pada tahun 1944 yang berkedudukan di Washington, DC Amerika Serikat. Lembaga ini bertugas memberikan bantuan ekonomi untuk perbaikan usaha-usaha dalam bidang pertanian, industri, jalan raya, dan pembangunan negara-negara di dunia. Biasanya dengan memberikan bantuan kredit jangka panjang untuk negara-negara berkembang dengan bunga yang rendah.

2. International Monetary Fund (IMF)
IMF mendorong kerja sama moneter internasional dan menyediakan saran kebijakan dan dukungan pengembangan kapasitas untuk membantu negara-negara membangun dan mempertahankan ekonomi yang kuat. IMF juga memberikan pinjaman dan membantu negara-negara merancang program-program kebijakan untuk mengatasi persoalan neraca pembayaran.

Jadi, tujuan dari kerjasama internasional dalam bidang keuangan adalah memenuhi kebutuhan dana bagi pengembangan perekonomian bangsa. Contoh organisasi keuangan dunia adalah Bank Dunia dan IMF.

Semoga jawabannya membantu, terima kasih.