fbpx
Breaking News

Mengapa dalam turnamen debat jarang terdapat tim netral?

Mengapa dalam turnamen debat jarang terdapat tim netral?

Dalam turnamen debat jarang terdapat tim netral karena pada hasil akhir hanya ada salah satu yang disetujui antar pihak pro dan kontra.

Ikuti pembahasannya yuk.

Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan. Bila perlu ditambah dengan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Unsur-unsur teks debat adalah sebagai berikut.
1. Mosi, topik debat.
2. Tim afirmatif adalah tim yang setuju terdapat hal yang diperdebatkan (mosi).
3. Tim negatif adalah tim yang tidak setuju atau menentang mosi.
4. Tim netral adalah tim yang tidak menaruh dukungan dan tidak condong terhadap salah satu pihak, dengan kata lain bersikap netral.
5. Moderator adalah orang yang memimpin dan membantu jalannya perdebatan, mulai dari membacakan tata tertib debat, mengajukan pertanyaan serta menengahi adu pendapat peserta debat.
6. Peserta debat adalah orang yang melihat acara debat dan berhak menentukan keputusan akhir bersama juri debat lewat proses voting atau pemungutan suara,
7. Penulis adalah orang yang bertugas mencatat dan menulis kesimpulan debat tersebut.

Berdasarkan uraian di atas, Dalam debat jarang terdapat tim netral karena pada hasil akhir hanya ada salah satu yang disetujui antar pihak pro dan kontra.

Jadi, dalam turnamen debat jarang terdapat tim netral karena pada hasil akhir hanya ada salah satu yang disetujui antar pihak pro dan kontra.

Semoga membantu ya 🙂