Sebutkan dan jelaskan aspek kebahasaan teks negosiasi

Sebutkan dan jelaskan aspek kebahasaan teks negosiasi

Aspek kebahasaan teks negosiasi adalah 1) pasangan tuturan, yaitu percakapan yang terdiri atas dua orang yang saling menanggapi dalam kegiatan negosiasi, dan 2) kalimat persuasif, yaitu kalimat yang bertujuan untuk memengaruhi pihak lain agar mau mengikuti apa yang kita inginkan.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Teks negosiasi adalah teks yang berisikan interaksi yang terjadi antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan berbeda untuk menemukan kesepakatan.

Aspek-aspek kebahasaan teks negosiasi di antaranya adalah:
1. Terdapat pasangan tuturan. Pasangan tuturan, yaitu percakapan yang terdiri atas dua orang yang saling menanggapi dalam kegiatan negosiasi. Umumnya, dalam teks negosiasi, tuturan digunakan untuk kegiatan tawar-menawar.
2. Menggunakan kalimat persuasif. Kalimat persuasif, yaitu kalimat yang bertujuan untuk memengaruhi pihak lain agar mau mengikuti apa yang kita inginkan hingga akhirnya kesepakatan tercapai.

Dengan demikian, aspek kebahasaan teks negosiasi adalah 1) pasangan tuturan, yaitu percakapan yang terdiri atas dua orang yang saling menanggapi dalam kegiatan negosiasi, dan 2) kalimat persuasif, yaitu kalimat yang bertujuan untuk memengaruhi pihak lain agar mau mengikuti apa yang kita inginkan.