Sebutkan asumsi dasar yang dikemukakan pada teori atom Rutherford

sebutkan asumsi dasar yang dikemukakan pada teori atom Rutherford

asumsi dasar pada teori atom Rutherford adalah atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif, elektron bergerak mengelilingi inti atom, sebagian besar ruangan dalam atom merupakan ruangan kosong sehingga massa atom terpusat pada inti atom, dan jumlah muatan positif dan muatan negatif adalah sama, sehingga atom bersifat netral.

Pembahasan:
Ernest Rutherford melakukan eksperimen dengan menggunakan hamburan sinar alfa pada lapisan logam emas tipis. Dari percobaan tersebut Rutherford mengusulkan suatu model atom yang dikenal sebagai model atom tata surya, dengan asumsi sebagai berikut:

1. Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif.
2. Elektron bergerak mengelilingi inti atom
3. Sebagian besar ruangan dalam atom merupakan ruangan kosong sehingga massa atom terpusat pada inti atom
4. Jumlah muatan positif dan muatan negatif adalah sama, sehingga atom bersifat netral

Pada teori Rutherford juga memiliki kelemahan dan kelebihan. Kelebihan teori Rutherford adalah pada hasil percobaan hamburan sinar alfa pada lapisan logam emas tipis bahwa sebagian partikel alfa dapat diteruskan, dibelokkan dan dipantulkan. Selain itu juga dapat menjelaskan ada nya inti atom yang bermuatan positif.
Sedangkan kelemahan dari teori Rutherford tentang elektron yang bergerak mengelilingi inti atom. Jika elektron yang bermuatan negatif mengelilingi inti atom yang bermuatan positif seharusnya elektron akan kehilangan energi karena adanya gaya tarik menarik antara inti atom dan elektron sehingga akan jatuh ke inti atom. Tetapi hal tersebut tidak dapat dijelaskan oleh Rutherford, karena elektron tetap stabil mengelilingi inti atom. Sehingga hal ini bertentangan dengan teori Maxwell mengenai hukum fisika klasik.

Jadi, asumsi dasar pada teori atom Rutherford adalah atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif, elektron bergerak mengelilingi inti atom, sebagian besar ruangan dalam atom merupakan ruangan kosong sehingga massa atom terpusat pada inti atom, dan jumlah muatan positif dan muatan negatif adalah sama, sehingga atom bersifat netral.