fbpx

Jelaskan perbedaan antara proposal dan program kerja!

Jelaskan perbedaan antara proposal dan program kerja!

Perbedaan antara proposal dan program kerja terletak dari tujuan pembuatannya yang mana proposal bertujuan untuk melakukan pengajuan izin kegiatan atau penelitian, sedangkan program kerja bertujuan untuk permintaan/kegiatan agar lebih terstruktur.

Berikut ini pembahasan untuk menjawab soal tersebut.

Proposal dapat diartikan sebagai suatu rancangan kegiatan yang berlangsung dalam bentuk tulisan dengan sistematis dan terperinci. Proposal dalam bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik berupa ide, gagasan, pemikiran, maupun rencana kepada pihak lain bertujuan untuk mendapatkan dukungan izin, persetujuan, dana, dan lain sebagainya.

Sementara itu, program kerja merupakan suatu sistem rencana kegiatan dari suatu organisasi yang terarah, terpadu, dan tersistematis yang dibuat untuk rentang waktu yang telah ditentukan oleh suatu organisasi. Tujuan pembuatan program kerja adalah untuk menjawab kebutuhan organisasi, membantu organisasi bekerja lebih sistematis dan terstruktur.

Dengan demikian, perbedaan antara proposal dan program kerja terletak dari tujuan pembuatannya yang mana proposal bertujuan untuk melakukan pengajuan izin kegiatan atau penelitian, sedangkan program kerja bertujuan untuk permintaan/kegiatan agar lebih terstruktur.

Semoga dapat membantu, ya.