fbpx

Tuliskan sistematika teks negosiasi

Tuliskan sistematika teks negosiasi

Sistematika teks negosiasi terdiri atas orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Sistematika/struktur teks yang khas dari teks negosiasi adalah sebagai berikut.
1. Orientasi: berupa cara untuk mengawali pembicaraan yang biasa dapat dimulai dengan cara memberi salam, menyapa, dan lain-lain. Awal pembicaraan yang baik merupakan cara supaya negosiasi mendapatkan kesepakatan yang baik juga.
2. Pengajuan: setelah mengawali pembicaraan, langkah selanjutnya adalah pengajuan. Pada langkah pengajuan ini akan diajukan tawaran untuk bernegosiasi. Pengajuan ini biasanya berupa keinginan yang ingin disepakati oleh kedua belah pihak.
3. Penawaran: bagian penting dari proses negosiasi karena dari tawar menawar bisa menentukan apakah negosiasi akan berhasil atau tidak berhasil. Terlebih lagi saat melakukan penawaran akan ada yang namanya perbedaan pendapat yang berupa penawaran dari kedua belah pihak.
4. Persetujuan: setelah proses tawar menawar berhasil, maka akan lanjut ke bagian persetujuan. Persetujan ini berasal dari kesepakatan yang didapat dari proses tawar menawar antara kedua belah pihak.
5. Penutup: akhir dari proses negosiasi biasanya berupa ucapan terima kasih atau ucapan salam.

Lagi Viral :  Adakah persamaan antara ikan paus dan burung yang menunjukkan adanya hubungan kekerabatan diantara mereka?

Dengan demikian, sistematika teks negosiasi terdiri atas orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup.

Semoga membantu ya 😊