fbpx

Tuliskan ciri-ciri kaidah kebahasaan teks editorial

tuliskan ciri-ciri kaidah kebahasaan teks editorial

Ciri-ciri kaidah kebahasaan teks editorial ditunjukkan dengan penggunaan adverbia, konjungsi, verba material, verba relasional dan verba mental.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Teks editorial atau tajuk rencana adalah teks dalam surat kabar yang berisi pendapat atau pandangan redaksi dari media yang bersangkutan mengenai suatu isu/masalah aktual.

Kaidah kebahasaan teks editorial adalah sebagai berikut.
1) Adverbia: kata keterangan yang ada dalam teks editorial. Biasanya yang sering muncul dalam teks editorial adalah adverbia frekuentatif. Adverbia frekuentatif yang menggambarkan makna berhubungan dengan tingkat kekerapan terjadinya sesuatu yang diterangkan adverbia itu. Contohnya seperti kata-kata selalu, biasanya, sering, kadang-kadang, jarang, sebagian besar waktu.
2) Konjungsi: kata penghubung. Biasanya banyak ditemukan konjungsi antarkalimat, seperti bahkan, malahan, dan sesungguhnya.
3) Verba material: kata kerja yang menunjukkan perbuatan fisik atau peristiwa. Contohnya membaca, menulis, dan memukul.
4) Verba relasional: kata kerja yang menunjukkan hubungan intensitas (pengertian A adalah B), dan milik (mengandung pengertian A mempunyai B).
5) Verba mental: kata kerja yang menerapkan persepsi (melihat, merasa), afeksi (suka, khawatir) dan kognisi (berpikir,mengerti)

Dengan demikian, ciri-ciri kaidah kebahasaan teks editorial ditunjukkan dengan penggunaan adverbia, konjungsi, verba material, verba relasional dan verba mental.

Semoga membantu ya 😊