Mangrove berperan penting secara ekologis di wilayah pesisir. Mangrove berperan menyokong kehidupan berbagai biota perairan. Perakaran mangrove menyediakan tempat dan dasar kehidupan banyak tumbuhan dan hewan.

Mangrove berperan penting secara ekologis di wilayah pesisir. Mangrove berperan menyokong kehidupan berbagai biota perairan. Perakaran mangrove menyediakan tempat dan dasar kehidupan banyak tumbuhan dan hewan.

Di atas air kanopi mangrove menjadi habitat yang penting untuk berbagai jenis spesies, yaitu burung, serangga, mamalia dan reptilia. Di bawah air, pekarangan mangrove yang lebat menjadi habitat bagi tunicata (mantel), spon, alga dan bivalvia (kerang-kerangan). Sementara itu, ruang di sela-sela akar mangrove menjadi tempat tinggal untuk berbagai jenis udang, kepiting, dan ikan

Tanggapan yang sesuai dengan isi buku tersebut adalah . . .
A. Sebaiknya, pemerintah dan masyarakat membuat perkembangbiakan udang,kepiting,dan ikan sehingga tidak
mengganggu ekosistem hutan mangrove

B. Seharusnya, hutan mangrove dapat diperluas agar daerah pantai lebih terlindungi dari abrasi dan polusi laut

C. Seharusnya, utan mangrove hanya berfungsi sebagai penahan mbak dan pencegah abrasi daerah pesisir

D. Sebaiknya, Pemerintah dan masyarakat melestarikan hutan mangrove agar ekosistem di dalamnya terjaga​.

Jawaban yang tepat adalah D.

Mari kita simak pembahasan berikut ini ya.

Teks tanggapan kritis adalah teks yang berisi pendapat yang berupa kritik, sanggahan, atau pujian terhadap lingkungan hidup, kondisi sosial, keragaman budaya, peristiwa, fenomena, ucapan dan perbuatan, atau tentang suatu karya orang lain.

Ciri-ciri teks tanggapan kritis sebagai berikut.
1. Berisi tanggapan mengenai masalah yang terjadi dalam masyarakat.
2. Tanggapan disajikan berdasarkan fakta dan disertai alasan yang logis.
3. Teks tanggapan memuat konteks masalah, deskripsi, dan penilaian.

Berdasarkan penjelasan di atas, tanggapan yang sesuai dengan isi buku tersebut adalah “Sebaiknya, Pemerintah dan masyarakat melestarikan hutan mangrove agar ekosistem di dalamnya terjaga.” Tanggapan tersebut sesuai dengan isi teks tersebut yang menjelaskan peran hutan mangrove sebagai tempat dan dasar kehidupan tumbuhan dan hewan di wilayah pesisir. Hal ini dapat ditemukan pada kalimat utama, yaitu Mangrove berperan penting secara ekologis di wilayah pesisir.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Semoga membantu 