fbpx

Jelaskan Materi Di Bawah Mengenai Aplikasi Bioteknologi Dalam :

Jelaskan Materi Di Bawah Mengenai Aplikasi Bioteknologi Dalam :
1.Produk Insulin
2.Kloning

Bioteknologi adalah suatu teknik yang memanfaatkan agen hayati untuk menghasilkan produk atau meningkatkan nilai suatu produk. Bioteknologi dibedakan menjadi bioteknologi konvensional/ tradisional dan bioteknologi modern. Pada contoh nomor 1 dan 2 termasuk dalam bioteknologi modern karena melibatkan rekayasa genetika dalam prosesnya.

1. Insulin
Hormon insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh sel beta pankreas dan berfungsi dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Pemuatan hormon insulin sintetis dalam dunia kedokteran dimaksudkan untuk upaya pengobatan penderita diabetes mellitus. Proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika dengan cara mencangkokan/ menyisipkan gen pengkode insulin pada plasmid bakteri. Bakteri yang telah mengalami modifikasi plasmidnya ini kemudian akan mampu memproduksi insulin yang kemudian dapat disuntikkan ke dalam tubuh penderita diabetes mellitus.

2. Kloning
Kloning merupakan suatu upaya untuk membuat individu baru dengan sifat unggul tanpa melalui perkawinan dengan teknik rekayasa genetik (transplantasi inti). Awalnya, sel telur/ ovum dari pendonor ovum diambil kemudian dibuang nukleusnya yang haploid. Kemudian, nukleus tersebut diganti dengan nukleus diploid yang berasal dari sel tubuh organisme yang akan di kloning (donor nukleus). Ovum yang mendapatkan donor nukleus diploid dapat berkembang menjadi embrio tanpa fertilisasi. Karena tanpa fertilisasi, maka embrio yang terbentuk memiliki sifat yang sama dengan hewan pendonor nukleus. Embrio kemudian ditempatkan kembali pada hewan yang sama dan berkembang sampai menjadi individu baru.

Semoga membantu ya!