fbpx

Mengapa organ mulut disebut sebagai organ pencernaan mekanik sekaligus kimiawi?

Mengapa organ mulut disebut sebagai organ pencernaan mekanik sekaligus kimiawi?

Jawaban yang benar dapat dilihat pada penjelasan dibawah ya.

Mulut merupakan salah satu organ pencernaan. Pada mulut terjadi dua jenis pencernaan yaitu pencernaan mekanik dan kimiawi. Pencernaan mekanik tidak melibatkan enzim. Pencernaan ini berfungsi menghancurkan makanan menjadi partikel-partikel yang lebih kecil agar memudahkan pencernaan secara kimiawi.

Sedangkan, pencernaan kimiawi melibatkan enzim dalam prosesnya. Pada pencernaan dimulut akan terjadi pengubahan amilum dari yang merupakan makromolekul menjadi molekul sederhana seperti maltosa dengan bantuan enzim amilase ludah.

Dengan demikian, organ mulut disebut sebagai organ pencernaan mekanik sekaligus kimiawi karena pada mulut terjadi penghancuran makanan menjadi partikel yang lebih kecil sekaligus mengubah makromolekul kompleks menjadi molekul sederhana dengan bantuan enzim.

Lagi Viral :  Desa catur terletak pada ketinggian 1.250 m dpl.rata-rata suhu harian di wilayah tersebut 22°c menurut junghuhn, wilayah tersebut memiliki iklim..... masyarakat setempat dapat memanfaatkan potensi tersebut untuk aktivitas ekonomi yaitu...