Tata nama senyawa poliatomik : 5. CH3COOK

Tata nama senyawa poliatomik :
5. CH3COOK

Jawaban: Kalium asetat.

Senyawa ionik adalah senyawa yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion). Terdapat jenis senyawa ionik yang terdiri dari kation monoatomik dan anion poliatomik. Anion poliatomik adalah ion yang terdiri dari dua atom atau lebih yang terikat bersama dan membentuk ion negatif. Urutan tata nama senyawa poliatomik:
1. Penamaan senyawa ionik dituliskan dengan menyebutkan nama kation diikuti nama anionnya. Kation golongan utama penamaan dengan menulis nama unsurnya. Apabila kation adalah logam dengan biloks lebih dari satu jenis (logam transisi), maka setelah nama logam diiukuti dengan bilangan oksidasi logam.
2. Untuk anion poliatomik sejenis dengan jumlah oksigen berbeda yaitu jika mengandung oksigen lebih banyak namanya diberi akhiran –at, jika oksigen lebih sedikit namanya diberi akhiran –it.
3. Untuk anion yang mengandung jumlah oksigen sampai 4, penamaannya mangacu pada ion yang mengandung oksigen paling sedikit dengan diberi awalan hipo- dan akhiran –it. Sedangkan jika mengandung oksigen paling banyak diberi awalan per- dan akhiran –at.

Senyawa dengan rumus struktur CH₃COOK, artinya:
Reaksi ionisasi CH₃COOK
CH₃COOK –> K⁺(aq) + CH₃COO⁻(aq)
• Kation => K⁺ => kalium
• Anion => CH₃COO⁻ => asetat

Jadi, nama senyawa CH₃COOK adalah kalium asetat.