Indonesia memiliki iklim tropis dengan suhu dan curah hujan tinggi. Oleh karna itu, pelapukan yang terjadi adalah pelapukan

Indonesia memiliki iklim tropis dengan suhu dan curah hujan tinggi. Oleh karna itu, pelapukan yang terjadi adalah pelapukan

Jawaban yang tepat adalah pelapukan fisik dan pelapukan kimiawi.

Berikut penjelasannya ya.

Pelapukan fisik dapat diartikan sebagai proses pelapukan batuan akibat pengaruh faktor fisik (suhu udara, tekanan, serta kristalisasi garam). Indonesia yang disinari matahari sepanjang tahun berpengaruh pada suhu yang tinggi, sehingga menyebabkan batuan mengalami pemanasan dan pendinginan, hal ini berpengaruh pada proses pelapukan yang terjadi di Indonesia.

Pelapukan kimiawi dapat diartikan sebagai proses pelapukan yang terjadi akibat reaksi kimia atau proses kimiawi lain contohnya seperti pelarutan. Pelapukan kimiawi merupakan salah jenis pelapukan yang umum di Indonesia, hal ini karena di Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi, dimana air hujan memudahkan terjadinya pelapukan kimiawi karena memiliki sifat asam sehingga bahan induk atau batuan yang terpapar oleh air hujan akan mudah mengalami pelapukan.

Oleh karena itu, pelapukan yang terjadi di Indonesia karena pengaruh suhu dan curah hujan adalah pelapukan fisik dan pelapukan kimiawi.

Semoga membantu ya!