Dari hasil uji laboratorium diketahui bahwa di dalam rongga ginjal pasien terkadang terdapat adanya endapan garam kalsium.jelaskn kondisi yang dapat menimbulkan gangguan tersebut!

dari hasil uji laboratorium diketahui bahwa di dalam rongga ginjal pasien terkadang terdapat adanya endapan garam kalsium.jelaskn kondisi yang dapat menimbulkan gangguan tersebut!

Adanya endapan garam kalsium dalam ginjal menyebabkan terjadinya penyakit batu ginjal. Endapan garam ini dapat terbentuk jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi garam mineral atau terlalu sedikit megonsumsi air, serta aktivitas kelenjar anak gondok (paratiroid) yang berlebihan.

Penyakit yang disebabkan akibat adanya pengendapan garam dan kalsium adalah batu ginjal atau kencing batu. Batu ginjal membuat seseorang mengalami kesulitan dan menimbulkan rasa nyeri saat mengeluarkan urine yang disebabkan adanya endapan garam kalsium, fosfat, dan asam urat di dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kandung kemih. Endapan garam ini dapat terbentuk jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi garam mineral atau terlalu sedikit megonsumsi air. Pembentukan batu ginjal juga dapat disebabkan oleh aktivitas kelenjar anak gondok (paratiroid) yang berlebihan.

Jadi, adanya endapan garam kalsium dalam ginjal menyebabkan terjadinya penyakit batu ginjal. Endapan garam ini dapat terbentuk jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi garam mineral atau terlalu sedikit megonsumsi air, serta aktivitas kelenjar anak gondok (paratiroid) yang berlebihan.

Semoga membantu!