(1) Selain cacing yang bermanfaat, ada juga jenis cacing yang pada umumnya hidup secara parasit. (2) Cacing ini bisa hidup parasit di dalam tubuh ternak dan juga di dalam tubuh manusia. (3) Cacing yang hidup dengan cara parasit ini sangat banyak. (4) Pada umumnya, jenis cacing yang hidup dengan cara parasit adalah cacing yang berasal dari golongan kedua, yaitu nematoda. (5) Biasanya, cacing yang hidup dengan cara parasit ini akan menyebabkan masalah kesehatan pada inangnya. (6) Hal ini disebabkan karena cacing ini akan menyerap makanan dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. (7) Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan seseorang yang memiliki cacing parasit dalam tubuhnya akan mengalami gangguan kesehatan. Kalimat (7) dikembangkan dari kalimat ….

(1) Selain cacing yang bermanfaat, ada juga jenis cacing yang pada umumnya hidup secara parasit. (2) Cacing ini bisa hidup parasit di dalam tubuh ternak dan juga di dalam tubuh manusia. (3) Cacing yang hidup dengan cara parasit ini sangat banyak. (4) Pada umumnya, jenis cacing yang hidup dengan cara parasit adalah cacing yang berasal dari golongan kedua, yaitu nematoda.

(5) Biasanya, cacing yang hidup dengan cara parasit ini akan menyebabkan masalah kesehatan pada inangnya. (6) Hal ini disebabkan karena cacing ini akan menyerap makanan dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. (7) Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan seseorang yang memiliki cacing parasit dalam tubuhnya akan mengalami gangguan kesehatan.

Kalimat (7) dikembangkan dari kalimat ….
(A) Hal inilah menyebabkan seseorang memiliki cacing parasit.
(B) Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan seseorang yang memiliki cacing parasit dalam tubuhnya akan mengalami gangguan kesehatan.
(C) Hal inilah menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan.
(D) Seseorang memiliki cacing parasit dalam tubuhnya.
(E) Seseorang mengalami gangguan kesehatan.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah C.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Paragraf adalah kumpulan kalimat yang berisi suatu gagasan yang membahas topik tertentu.

“(7) Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan seseorang yang memiliki cacing parasit dalam tubuhnya akan mengalami gangguan kesehatan.”

Kalimat (7) dikembangkan dari kalimat “Hal inilah menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Semoga membantu ya ????