Jelaskan hubungan antara kelangkaan, sumber daya dengan kebutuhan hidup manusia!

Jelaskan hubungan antara kelangkaan, sumber daya dengan kebutuhan hidup manusia!

Jawaban yang benar adalah kelangkaan terjadi karena sumber daya tidak memadai atau terbatas yg mengakibatkan kebutuhan manusia menjadi tidak terpenuhi.

Halo Danu B, kakak bantu jawab ya.

Cermati pembahasan berikut ini!

Sebelum membahas hubungan antara kelangkaan dengan sumber daya dengan kebutuhan hidup manusia kita mulai dengan definisi dari kelangkaan, sumber daya, dan kebutuhan hidup manusia.

1. Kelangkaan adalah kondisi dimana alat pemuas kebutuhan atau sumber daya yang dimiliki jumlahnya lebih sedikit daripada jumlah manusia yang membutuhkannya.
2. Sumber daya alam adalah kekayaan alam yang dimiliki alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
3. Kebutuhan manusia adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia, atau keinginan manusia yang harus dipenuhi, demi tercapainya kepuasan rohani maupun jasmani untuk keberlangsungan hidupnya.

Hubungan antara kelangkaan dengan sumber daya dengan kebutuhan hidup manusia adalah keterbatasan sumber daya alam yang kemudian kita kenal sebagai kelangkaan, dan menuntut manusia untuk mengatasi masalah tersebut agar segala kebutuhannya dapat tetap terpenuhi. Untuk mengambil keputusan dalam pengalokasian suatu sumber daya, kita harus melihat alternatif, membuat perbandingan dan melakukan penilaian.

Jadi, jawaban yang tepat adalah kelangkaan terjadi karena sumber daya tidak memadai atau terbatas yg mengakibatkan kebutuhan manusia menjadi tidak terpenuhi.