Pengertian dan perbedaan Hilir dan hulu?

pengertian dan perbedaan Hilir dan hulu?

Jawabannya yaitu Hulu memiliki bagian air yang mengalir sangat deras, sedangkan hilir tidak. Kalau hulu terjadi erosi vertikal, sedangkan hilir terjadi erosi lateral yang dominan.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Hulu adalah bagian pertama yang dilewati oleh air dan paling dekat dengan sumber air. Hulu ini terletak pada daerah aliran sungai yang terletak pada dataran tinggi. Keberadaan hulu yang biasanya berada di daerah pegunungan atau dataran tinggi. Hulu memiliki bagian air yang mengalir sangat deras, karena berada dekat dengan mata air atau sumber air dan memiliki tingkat kemiringan yang cukup tajam sehingga air langsung bisa mengalir ke bawah dengan derasnya. Huku bisa terjadi erosi vertikal. Sedangkan hilir adalah aliran sungai yang berada di bawahnya atau yang dikenal dengan daerah tempat berakhirnya sebuah sungai mengalir. Pada bagian hilir ini arus sungainya tidak terlalu deras karena terbentuk jalur kelokan, banyak terjadi pengendapan, mengalami dan pengikisan secara horizontal.

Jadi, jawabannya adalah hulu memiliki bagian air yang mengalir sangat deras, sedangkan hilir tidak. Kalau hulu terjadi erosi vertikal, sedangkan hilir terjadi erosi lateral yang dominan.