Gempa yang terjadi karena turunnya atau runtuhnya tanah, dan biasa terjadi pada daerah tembang yang berbentuk terowongan, pegunungan kapur, atau lubang disebut gempa

gempa yang terjadi karena turunnya atau runtuhnya tanah, dan biasa terjadi pada daerah tembang yang berbentuk terowongan, pegunungan kapur, atau lubang disebut gempa
A dangkal
B tektonik
C vulkanis
D runtuhan

Jawaban: D. Runtuhan

PEMBAHASAN
Gempa runtuhan terjadi karena turunnya atau runtuhnya suatu permukaan tanah, dan biasa terjadi pada daerah tambang yang berbentuk seperti terowongan, pegunungan kapur, atau lubang.

Di dalam pegunungan kapur tersebut terdapat gua-gua dan ponor-ponor (luweng) yang akan terjadi suatu proses karena pelarutan (solusional).

Jika atap gua atau lubang itu sudah gugur, timbullah gempa runtuhan meskipun bahaya yang ditimbulkan akan relatif kecil dan getaran hanya terjadi di sekitar lokasi runtuhan saja.

Jadi, gempa yang terjadi karena turunnya atau runtuhnya tanah, dan biasa terjadi pada daerah tembang yang berbentuk terowongan, pegunungan kapur, atau lubang disebut gempa runtuhan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.