Sebagian besar wilayah mesir merupakan gumuk pasir (sand dunes) yang terletak pada wilayah yang rendah.tulislah 4 bentuk muka bumi utama yang dijumpai di wilayah mesir.

sebagian besar wilayah mesir merupakan gumuk pasir (sand dunes) yang terletak pada wilayah yang rendah.tulislah 4 bentuk muka bumi utama yang dijumpai di wilayah mesir.

Empat bentuk muka bumi utama yang dijumpai di Mesir adalah lembah Sungai Nil, Gurun Arabia, Gurun Libya, dan Semenanjung Sinai.

Berikut adalah penjelasannya.

Secara astronomis wilayah Mesir terletak di antara 22° LU-32° BT dan 25° BT-36° BT. Sedangkan secara geografis Mesir terletak diantara 2 benua, yaitu Benua Asia dan Benua Afrika. Wilayah Mesir sebelah utara berbatasan dengan Laut Tengah, sebelah timur berbatasan dengan Laut Merah, sebelah selatan berbatasan dengan negara Sudan, dan sebelah barat berbatasan dengan negara Libya. Wilayah Mesir memiliki bentuk muka bumi yang didominasi oleh gurun. Beberapa bentuk muka bumi yang dapat dijumpai di wilayah Mesir adalah sebagai berikut:
1. Lembah Sungai Nil
Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia. Lembah Sungai Nil menjadi wilayah pusat aktivitas penduduk Mesir, baik aktivitas pertanian, pusat penduduk, dan pusat sumber air bersih dan irigasi. Hal tersebut karena lembah Sungai Nil merupakan dataran yang subur di wilayah Mesir.
2. Gurun Arabia
Gurun Arabia terletak di antara Sungai Nil dan pegunungan tepi Laut Merah. Gurun Arabia merupakan daerah pegunungan yang kasar, tandus, dan bergelombang.
3. Gurun Libya
Gurun Libya terletak di sebelah barat Sungai Nil. Gurun Libya merupakan daratan dengan permukaan yang letaknya lebih rendah daripada permukaan air laut (daratan depresi)
4. Semenanjung Sinai
Semenanjung Sinai merupakan muka bumi di wilayah Mesir yang berupa dataran tinggi dan pegunungan. Letaknya di sebelah timur Terusan Suez dan berbatasan dengan Israel.

Jadi, empat bentuk muka bumi utama yang dijumpai di Mesir adalah lembah Sungai Nil, Gurun Arabia, Gurun Libya, dan Semenanjung Sinai.

Semoga membantu ya!