fbpx

Sebutkan 3 jenis manusia purba di Indonesia dan contohnya!

sebutkan 3 jenis manusia purba di Indonesia dan contohnya!

Terdapat tiga jenis manusia purba di Indonesia, yaitu sebagai berikut.

– Pithecanthropus, seperti Pithecanthropus erectus.
– Meganthropus, seperti Meganthropus paleojavanicus.
– “Homo”, seperti “Homo” erectus.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut.

Manusia purba diperkirakan telah hidup pada zaman Pleistosen. Berdasarkan penemuan yang dilakukan para ahli, terdapat tiga jenis manusia purba yang ada di Indonesia, yaitu sebagai berikut.

• Pithecanthropus
Pithecanthropus adalah manusia kera. Manusia purba pertama yang ditemukan dari jenis ini adalah Pithecanthropus erectus yang ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890. Pithecanthropus erectus berarti manusia purba yang berjalan tegap. Selain itu, ada juga Pithecanthropus mojokertensis atau manusia kera yang berasal dari Mojokerto dan Pithecanthropus soloensis atau manusia kera yang berasal dari Solo.

• Meganthropus
Meganthropus berarti manusia purba yang paling besar. Di Indonesia, contoh dari manusia purba jenis Meganthropus ialah Meganthropus paleojavanicus yang ditemukan di Sangiran pada tahun 1936 oleh van Koenigswald. Meganthropus paleojavanicus berarti manusia purba yang paling besar dan tua yang berasal dari Jawa.

• “Homo”
“Homo” adalah manusia purba yang diperkirakan paling muda dan paling cerdas dibandingkan manusia lainnya. Beberapa contoh dari manusia purba jenis “Homo”salah satunya ialah “Homo” sapiens (manusia cerdas) yang ditemukan oleh Van Riestchoten pada tahun 1889 di Tulungagung, Jawa Timur.

Dengan demikian, tiga jenis manusia purba beserta contohnya adalah Pithecanthropus dengan Pithecanthropus erectus, Meganthropus dengan Meganthropus paleojavanicus, dan “Homo” dengan “Homo” erectus.

Semoga membantu. 😊

Lagi Viral :  Nefron adalah