agaimana sarana dan prasarana yang digunakan untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi ?

Penggalan karya ilmiah berikut
1) Bagaimana sistem pengelolaan sampah mulai dari pengumpulan, penyimpanan, pengangkutan, dan pembuangan sampah sementara di Pasar Buah Berastagi ?
2) Bagaimana sarana dan prasarana yang digunakan untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi ?
3) Apa saja solusi yang dapat ditawarkan untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi ?

Latar belakang penulis dalam kutipan karya ilmiah tersebut adalah….
a. Penulis ingin mengetahui permasalahan- permasalahan yang terjadi di Pasar Buah Berastagi.
b. Penulis ingin mencari solusi atas permasalahan- permasalahan yang ada di Pasar Buah Berastagi.
c. Penulis ingin mengetahui sarana dan prasarana yang digunakan untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi.
d. Penulis ingin mengetahui sistem pengelolaan sampah, sarana, dan prasarana, serta solusi untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi.
e. Penulis ingin mengetahui pengumpulan, penyimpanan, pengangkutan, dan pembuangan sampah, serta solusi untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi.

Jawabannya adalah D.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Karya ilmiah merupakan tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau kajian suatu masalah yang disusun seseorang atau kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan.

Sebuah karya ilmiah selalu diawali dengan bagian pendahuluan. Salah satu bagian penting dalam karya ilmiah adalah latar belakang masalah.

Latar belakang masalah adalah uraian singkat, jelas dan logis dari suatu kegiatan ilmiah untuk menjelaskan alasan teoritis serta faktual mengapa permasalahan tersebut perlu dijawab melalui kegiatan penelitian. Latar belakang juga memuat penjelasan singkat tujuan pemilihan topik dan penulisan karya ilmiah.

Rumusan masalah, yaitu pertanyaan kritis atau argumentasi yang fleksibel yang diambil intinya dari pernyataan umum dari masalah penelitian, sebagaimana tercantum dalam latar belakang masalah.

Berdasarkan penjelasan di atas, latar belakang penulis dalam kutipan karya ilmiah tersebut adalah “Penulis ingin mengetahui sistem pengelolaan sampah, sarana, dan prasarana, serta solusi untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi.” Kalimat ini sesuai dengan tujuan penulisan, yaitu berkaitan dengan sistem pengelolaan sampah, sarana, dan prasarana, serta solusi untuk mengelola sampah di Pasar Buah Berastagi yang ingin diketahui penulis sehingga terciptalah rumusan masalah di atas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Semoga membantu 🙂