Sinonim kata polos pada kalimat 6 dalam teks bacaan di atas adalah ….

(1) Pembaca akan mengenal sejarah panjang Siberut pada lima bab awal. (2) Sementara itu, lima bab setelahnya lebih banyak menceritakan orang Siberut serta interaksinya terhadap ???????????????????????????????????? lain. (3) Darmanto dan Abidah menjabarkan kondisi alam Siberut dengan proporsional sehingga pembaca yang ???????????????? mengenai pulau ini bisa meraba suasana hutan lewat penjelasannya. (4) Meskipun tidak terfokus pada penelitian berbasis geologi ataupun biologi, tidak serta-merta keduanya melepaskan aspek tersebut pada pembentukan ???????????????????????????????? Pulau Siberut. (5) Ini menjadi ???????????????????? lebih karena tak banyak buku yang menjelaskan sejarah Siberut secara tuntas. (6) Di sisi lain, orang Siberut digambarkan secara polos. (7) Penulis tidak melebih-lebihkan atau ???????????????????????????????? kenyataan bahwa orang Siberut tidak memiliki tujuan mulia untuk melestarikan hutan. (8) Mereka hidup dengan adat dan roh-roh yang selama ini mereka percayai. (9) Mereka memiliki penguasaan hutan yang dikelola secara tradisional.

Daftar isi : hide

Semua hubungan tersebut tercampur baur dalam politik ekologi. Dalam hal ini, hutan tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia, begitu juga sebaliknya. Namun, yang harus diperhatikan adalah bagaimana manusia memperlakukan hutan tersebut. Apa yang terjadi dengan Siberut tentu masih sangat relevan dengan kondisi Indonesia saat ini, yakni kekuasaan memegang peran besar dalam kendali terhadap hutan ataupun lahan.

Sinonim kata polos pada kalimat 6 dalam teks bacaan di atas adalah ….
(A) transparan
(B) sahaja
(C) saksama
(D) jelata
(E) sederhana

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah E.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Sinonim adalah persamaan kata dengan arti sama atau hampir. Maksudnya, kata yang bersinonim bisa jadi berbeda tetapi memiliki makna yang serupa. Dalam sudut pandang bahasa, sinonim membuat sebuah kalimat menjadi lebih menarik.

Untuk mencari sinonim kata, kita bisa menggunakan Tesaurus Bahasa Indonesia atau mencari kata yang memiliki kemiripan makna dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

“(6) Di sisi lain, orang Siberut digambarkan secara polos.”

Analisis sinonim polos adalah:
• Berdasarkan Tesaurus Bahasa Indonesia sinonim “polos” di antaranya adalah kosong, sederhana, benar, terbuka dan sebagainya.
• Menurut KBBI, polos bermakna sangat sederhana, apa adanya, atau dengan sebenarnya.

Sinonim kata polos pada kalimat 6 dalam teks bacaan di atas adalah sederhana.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Semoga membantu ya ????