Bagaimana Daendels merealisasikan mimpinya untuk membuat jalan?

Perhatikanlah peta di bawah ini dengan cermat! Kemudian kerjakan tugas berikut ini!
Peta di atas memperlihatkan jalan Raya Pas yang dibangun oleh Gubemur Jenderal H.W. Daendels. Jalan Raya Pas adalah jalan yang panjangnya kurang lebih 1000 km yang terbentang di sepanjang utara Pulau Jawa dari Anyer-Panarukan.
Cobalah kamu cari informasi lebih jauh dari berbagai sumber, baik dari buku-buku sejarah, surat kabar, majalah, ataupun internet mengenai jalan raya pas. Kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

Bagaimana Daendels merealisasikan mimpinya untuk membuat jalan?

Bagaimana Daendels merealisasikan mimpinya untuk membuat jalan?

Cara Daendels merealisasikan mimpinya untuk membuat jalan adalah dengan cara menerapkan sistem kerja rodi.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pemerintahan Gubernur Jenderal Daendels di Indonesia berlangsung dari tahun 1808 hingga tahun 1811. Dalam pemerintahannya, Daendels berusaha membangun Raya Pos Anyer Panarukan dengan tujuan untuk mempermudah mobilitas militer dan distribusi hasil alam di Pulau Jawa.

Dalam merealisasikan usahanya untuk membuat jalan tersebut, Daendels menerapkan kebijakan sistem kerja rodi atau kerja paksa terhadap rakyat Jawa. Penerapan sistem kerja rodi dijalankan dengan cara mewajibkan kepada penguasa lokal untuk mengirimkan tenaga kerjanya untuk bekerja secara sukarela membangun jalan Raya Pos Anyer Panarukan.

Semoga membantu yaa…