fbpx

Pada saat harga-harga barang kebutuhan secara umum mengalami kenaikan yang terus menerus dan nilai mata uang rupiah mengalami tekanan atas mata uang asing, kemudian bank indonesia mengeluarkan kebijakan moneter dengan menjual surat-surat berharga. berdasarakan ilustrasi di atas, dampak dari kebijkakan moneter adalah ….

Pada saat harga-harga barang kebutuhan secara umum mengalami kenaikan yang terus menerus dan nilai mata uang rupiah mengalami tekanan atas mata uang asing, kemudian bank indonesia mengeluarkan kebijakan moneter dengan menjual surat-surat berharga.

berdasarakan ilustrasi di atas, dampak dari kebijkakan moneter adalah ….

Jawabannya adalah kebijkakan moneter operasi pasar terbuka dengan jalan menjual surat-surat berharga dapat mengurangi jumlah uang beredar.

Berikut ini pembahasannya ya!

Inflasi merupakan suatu fenomena meningkatnya harga barang dan jasa secara umum dari waktu ke waktu. Salah satu teori inflasi mengatakan bahwa inflasi disebabkan jumlah uang beredar yang terlalu banyak. Cara mengatasi inflasi yang terjadi pemerintah melakukan kebijakan moneter, berkaitan dengan mengurangi jumlah uang yang beredar yaitu melakukan operasi pasar terbuka.

Operasi pasar terbuka adalah salah satu kebijakan yang diambil oleh bank sentral untuk mengurangi atau menambahkan jumlah uang yang sedang beredar di masyarakat. Menjual surat-surat berharga seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dapat memengurangi jumlah uang yang beredar.

Oleh karena itu jawaban yang benar adalah kebijkakan moneter operasi pasar terbuka dengan jalan menjual surat-surat berharga dapat mengurangi jumlah uang beredar.

Semoga membantu ya!

Lagi Viral :  Gelombang stasioner bergerak dengan persamaan gelombang y = 0,08 cos 15 πx sin πt meter. Jarak antara perut dan simpul terdekat adalah....