Urutan siklus batuan yang benar adalah… a. batuan beku – batuan metamorf – batuan sedimen b. batuan metamorf – batuan sedimen batuan beku c. batuan sedimen – batuan metamorf – batuan beku d. batuan beku – batuan sedimen – batuan metamorf

Urutan siklus batuan yang benar adalah…
a. batuan beku – batuan metamorf – batuan sedimen
b. batuan metamorf – batuan sedimen batuan beku
c. batuan sedimen – batuan metamorf – batuan beku
d. batuan beku – batuan sedimen – batuan metamorf

Untuk jawaban soal di atas adalah D.

Berikut adalah penjelasannya.

Siklus batuan merupakan peristiwa perputaran batuan yang mencakup proses pembentukan batuan dari magma hingga menjadi magma kembali. Tiga jenis batuan yang terbentuk dalam siklus batuan secara berturut-turut, yaitu:
1. Batuan beku
Batuan beku terbentuk dari magma yang mengalami pendinginan dan kristalisasi sehingga menyebabkan pemadatan dan membentuk struktur batuan. Batuan beku dapat terbentuk di dalam bumi maupun di permukaan bumi.
2. Batuan sedimen
Batuan beku yang yang telah terbentuk akan mengalami proses pelapukan dan pengikisan hingga semua material akan terendapkan di suatu wilayah tertentu. Material endapan tersebut secara perlahan akan mengalami pemadatan dan membentuk struktur batuan yang disebut dengan batuan sedimen.
3. Batuan metamorf
Batuan beku dan batuan sedimen yang mengalami proses pelapukan akibat suhu dan tekanan yang tinggi akan menyebabkan terjadinya perubahan struktur batuan menjadi batuan metamorf. Batuan metamorf yang dipengaruhi oleh suhu dan tekanan yang tinggi secara terus-menerus akan mengalami proses pelelehan sehingga batuan akan berubah menjadi magma kembali.

Jadi, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah D.

Semoga membantu ya!