Jenis pajak apakah apabila tarif pemungutan pajak yang presentasenya naik dengan semakin besar nilai objek pajaknya, dimana kenaikan terus meningkat setiap terjadi kenaikan objek untuk nilai jumlah tertentu….

jenis pajak apakah apabila tarif pemungutan pajak yang presentasenya naik dengan semakin besar nilai objek pajaknya, dimana kenaikan terus meningkat setiap terjadi kenaikan objek untuk nilai jumlah tertentu….

Jawaban untuk soal di atas adalah tarif pajak progresif.

Berikut pembahasannya.
Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Dalam menghitung besarnya pajak yang terutang diperlukan tarif pajak dan dasar pengenaan pajak. Tarif pajak terdiri dari:
1. Tarif tetap, yaitu tarif berupa jumlah atau angka yang tetap, berapa pun besarnya dasar pengenaan pajak.
2. Tarif proporsional, yaitu tarif berupa persentase tertentu yang sifatnya tetap terhadap berapa pun besarnya dasar pengenaan pajak.
3. Tarif progresif, yaitu tarif berupa persentase tertentu yang semakin meningkat dengan semakin meningkatnya dasar pengenaan pajak.
4. Tarif degresif, yaitu tarif berupa persentase tertentu yang semakin menurun dengan semakin meningkatnya dasar pengenaan pajak.

Tarif pemungutan pajak persentasenya naik dengan semakin besarnya objek pajak berarti tarif pajak yang digunakan adalah tarif pajak progresif.

Jadi, tarif pajak yang digunakan sesuai ilustrasi di atas adalah tarif pajak progresif.

Semoga membantu.