fbpx

Kutipan di atas adalah struktur teks biografi bagian ….

Bacalah kutipan teks biografi tokoh berikut dengan cermat!

Ardian Syaf (31). Sosok komikus yang rendah hati ini memilih tinggal di kampung halamannya di Desa Tenggur, Kecamatan Rejotangan. Tulung Agung, bersama istri dan seorang anaknya. Dari kampung halamannya, karya Aan, sapaan akrabnya, mampu menembus dunia. Bahkan, ia disodori kontrak eksklusif sebagai penciller oleh penerbit raksasa Amerika, DC Comics. Artinya, ia tidak boleh membuat ilustrasi selain di DC Comics.

Kutipan di atas adalah struktur teks biografi bagian ….

A. orientasi
B. koda
C. krisis
D. peristiwa dan masalah
E. reorientasi

Jawaban yang benar adalah A.

Teks biografi adalah teks yang menjelaskan kisah hidup seseorang atau tokoh.

Struktur teks biografi terdiri atas tiga bagian, yaitu:
1. Orientasi
Orientasi merupakan bagian awal dari teks biografi. Bagian ini memuat informasi umum sang tokoh, mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan, dan lain-lain.
2. Peristiwa penting
Pada bagian ini disusun secara kronologis atau urutan waktu kejadian. Peristiwa yang ditulis merupakan peristiwa utama atau yang paling berkesan dialami tokoh sehingga pembaca dapat mengambil hikmah dan teladan dari kisah hidup sang tokoh.
3. Reorientasi
Reorientasi merupakan pernyataan kesimpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah dijabarkan sebelumnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, kutipan teks biografi pada soal adalah struktur teks biografi bagian orientasi. Dibuktikan dengan kutipan “Ardian Syaf (31). Sosok komikus yang rendah hati ini memilih tinggal di kampung halamannya di Desa Tenggur, Kecamatan Rejotangan. Tulung Agung, bersama istri dan seorang anaknya. Dari kampung halamannya, karya Aan, sapaan akrabnya, mampu menembus dunia. Bahkan, ia disodori kontrak eksklusif sebagai penciller oleh penerbit raksasa Amerika, DC Comics. Artinya, ia tidak boleh membuat ilustrasi selain di DC Comics.”. Kutipan tersebut menjelaskan pengenalan tokoh seperti nama, usia, latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan pada bagian selanjutnya.