Bacalah teks ulasan berikut! 1) penulis andreas hirata telah merilis novel terbaru bertemakan sains yang bertajuk guru aini. 2) novel tersebut merupakan prekuel dari orang-orang biasa yang dirilis pada 2019. 3) guru aini menceritakan idealisme seorang guru matematika di pelosok bernama bu desa. 4) dalam novel ini andreas mampu meramu kisah sederhana menjadi menarik, tetapi tetap menyajikan gelak tawa dengan humor-humor khasnya. 5) guru aini merupakan buku ke-12 karya andreas hirata.

Bacalah teks ulasan berikut!
1) penulis andreas hirata telah merilis novel terbaru bertemakan sains yang bertajuk guru aini. 2) novel tersebut merupakan prekuel dari orang-orang biasa yang dirilis pada 2019. 3) guru aini menceritakan idealisme seorang guru matematika di pelosok bernama bu desa. 4) dalam novel ini andreas mampu meramu kisah sederhana menjadi menarik, tetapi tetap menyajikan gelak tawa dengan humor-humor khasnya. 5) guru aini merupakan buku ke-12 karya andreas hirata.

Pernyataan yang merupakan kelebihan novel ditunjukkan oleh angka….

Pernyataan yang merupakan kelebihan novel ditunjukkan oleh angka (4), yaitu “Dalam novel ini Andreas mampu meramu kisah sederhana menjadi menarik, tetapi tetap menyajikan gelak tawa dengan humor-humor khasnya.”

Yuk, simak pembahasan berikut.

Keunggulan buku merupakan keterangan positif tentang sebuah buku. Kalimat yang berisi keunggulan buku memiliki beberapa ciri, antara lain:
1) Terdapat ungkapan yang bermakna positif terhadap buku.
2) Terdapat alasan orang untuk membaca buku tersebut.
3) Penilaian terhadap keunggulan buku bisa dari segi isi maupun fisik buku.

Keunggulan novel berdasarkan teks di atas terdapat pada kalimat (4) “Dalam novel ini Andreas mampu meramu kisah sederhana menjadi menarik, tetapi tetap menyajikan gelak tawa dengan humor-humor khasnya.” Terdapat dua keunggulan dalam kalimat tersebut, yaitu:
1) Ceritanya menarik.
2) Mampu membuat pembaca dapat tertawa.

Dengan demikian, pernyataan yang merupakan kelebihan novel ditunjukkan oleh angka (4), yaitu “Dalam novel ini Andreas mampu meramu kisah sederhana menjadi menarik, tetapi tetap menyajikan gelak tawa dengan humor-humor khasnya.”