Tuliskan perbedaan demokrasi Yunani kuno dan Cina kuno

tuliskan perbedaan demokrasi Yunani kuno dan Cina kuno

Demokrasi langsung dilaksanakan pada zaman Yunani Kuno, tetapi Cina melaksanakan sistem pemerintahan monarki absolut.

Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan berikut.

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Demos” dan “Kratos”. Demos bermakna rakyat atau khalayak, sementara Kratos bermakna pemerintahan. Demokrasi sebagai sistem pemerintahan yang mengizinkan dan memberikan hak, kebebasan kepada warga negaranya untuk berpendapat serta turut serta dalam pengambilan keputusan di pemerintahan.

Gagasan demokrasi sebagai sistem pemerintahan berasal dari kebudayaan Yunani. Dalam demokrasi langsung, semua populasi orang dewasa hadir dalam bentuk majelis, mengambil bagian dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan kekuasaan. Pada demokrasi langsung, tidak mendelegasikan kekuasaannya kepada orang lain atau perwakilan. Negara kota zaman Yunani Kuno mempraktikkan demokrasi langsung.

Jadi, seluruh perkara kenegaraan harus dibicarakan langsung dengan rakyatnya. Demokrasi murni atau demokrasi langsung adalah sistem yang diusung di zaman tersebut. Ribuan tahun kemudian, pada abad ke-6 SM, bentuk pemerintahan yang relatif demokratis diperkenalkan di negara-negara bagian Athena oleh Cleisthenes pada 508 sebelum masehi.

Kondisi tersebut membuat Cleisthenes dikenal dengan panggilan bapak demokrasi Athena. Saat itu, Athena menganut demokrasi langsung dan memiliki dua ciri utama, yakni pemilihan warga secara acak untuk mengisi jabatan administratif dan yudisial di pemerintahan, serta majelis legislatif yang terdiri dari semua warga Athena.

Kesemuanya saat itu memiliki hak berbicara dan memberi suara di majelis Athena. Meski dibuat oleh majelis, demokrasi Athena berjalan dengan kontrol langsung dari rakyat. Rakyat akan menyuarakan pendapatnya lewat majelis atau pengadilan untuk membantu kendali politik.

Berbeda dengan Yunani, peradaban Cina kuno menerapkan sistem monarki absolut. Sistem ini menerapkan pergantian kekuasaan berdasarkan hubungan darah atau keturunan. Tercatat dinasti tertua yang menguasai Cina, yaitu Dinasti Shang hingga diakhiri oleh Dinasti Manchu.

Oleh karena itu, penerapan demokrasi di di Yunani yaitu demokrasi langsung sedangkan di Cina menerapkan sistem monarki absolut.

Semoga membantu ya…