Salah satu faktor yang melatarbelakangi Revolusi Prancis adalah pemeri ntahan absolutisme monarki yang berlaku di Prancis. Ciri utamasistem pemerintahan ini adalah ….

Salah satu faktor yang melatarbelakangi Revolusi Prancis adalah pemeri ntahan absolutisme monarki yang berlaku di Prancis. Ciri utamasistem pemerintahan ini adalah ….
a. kekuasaan tertinggi berada di tangan raja
b. rakyat menjadi pemegang kedaulatan tertinggi
c. raja terbuka dan menerima berbagai aspirasi rakyat
d. parlemen memiliki wewenang penuh dalam pemerintahan
e. rakyat memiliki kesempatan terlibat dalam pemerintahan

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah A.

Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan berikut.

Kerajaan Prancis diperintah oleh raja yang bergelar Louis. Raja Louis dikenal sebagai raja yang memilki kekuasaan yang absolut atau mutlak. Absolutisme raja mendapatkan legalitas dengan diterbitkannya buku I’ll Principe (sang Raja) yang ditulis oleh Niccolo Machiavelli pada sekitar abad ke-17. Melalui bukunya tersebut, Machiavelli mengemukakan pemikirannya tentang kekuasaan seorang raja. Menurutnya bahwa untuk mempertahankan kekuasaannya, raja boleh dan berhak untuk melakukan apa saja meskipun itu dianggap kejam dan sewenang-wenang, sebab yang terpenting adalah raja dapat melanggengkan kekuasaannya. Kekuasaan raja adalah kekuasaan tertinggi yang harus dipatuhi oleh rakyat sehingga rakyat tidak memiliki hak-hak untuk mengemukakan dan menuntut aspirasinya.

Kekuasaan raja yang absolut telah berlaku di Prancis sejak masa kekuasaan Raja Louis XIII (1610-1643). Pada perkembangannya, kemudian kekuasaan raja yang absolut ini terus dikembangkan oleh raja-raja berikutnya dan mencapai puncaknya pada masa kekuasaan Raja Louis XIV (1643-1715). Hal ini terlihat dari tindakan-tindakan Raja Louis XIV yang menunjukkan absolutisme mutlak. Hal ini ditunjukkan dengan tindakan-tindakan raja yang cenderung bersifat sewenang-wenang, seperti tidak adanya undang-undang yang mendasari
kekuasaan raja, penggunaan keuangan negara oleh raja dan keluarganya yang digunakan semaunya, tidak terdapatnya kepastian hukum, tidak terbentuknya dewan legislatif, sehingga raja dapat menjalankan kekuasaannya tanpa batas. Absolutisme raja juga ditunjukkan oleh ucapan dan pernyataannya yang
menyebutkan bahwa negara adalah saya (L etat c est moi).

Semoga membantu ya…