Menagapa bedahulu bisa menjadi seorang raja dari kerajaan Bali?​

menagapa bedahulu bisa menjadi seorang raja dari kerajaan Bali?​

Alasan kenapa Bedahulu bisa menjadi seorang raja di Kerajaan Bali ialah karena berani dan juga sakti.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Kerajaan Bedahulu atau Bedulu ( Kerajaan Pejeng ) adalah kerajaan kuno di pulau Bali yang pernah berdiri pada abad ke-8 sampai abad ke-14 M. Pusat kerajaan Bedulu ada di Pejeng atau Bedulu, yaitu sebuah wilayah yang ada di Kabupaten Gianyar, Bali. Diperkirakan kerajaan ini diperintah oleh raja-raja keturunan dinasti Warmadewa.

Dalem Bedulu atau Śri Astasura Ratna Bumi Banten adalah penguasa terakhir kerajaan Bedulu, yang berkuasa pada tahun 1332 hingga 1343. Ia bisa menjadi raja di Kerajaan Bali karena dikenal karena berai dan juga kesaktiannya. Raja Bhatara Sri Astasura Ratna Bhumi Banten dianggap sebagai tokoh yang sangat bijaksana serta adil dalam mengendalikan pemerintahan dan taat dalam melaksanakan upacara keagamaan.

Dalem Bedulu pernah menentang ekspansi kerajaan sebesar Majapahit pada tahun 1343 dalam pimpinan Gajah Mada ketika melakukan penyerangan ke Bali, walaupun berakhir dengan kekalahan Bedulu. Perlawanan Bedulu kemudian benar-benar padam setelah pemberontakan keturunan terakhirnya (Dalem Makambika) berhasil dikalahkan tahun 1347 M.Setelah itu Gajah Mada menempatkan seorang keturunan brahmana dari Jawa bernama Sri Kresna Kepakisan sebagai raja (Dalem) di pulau Bali. Keturunan dinasti Kepakisan inilah yang di kemudian hari menjadi raja-raja di beberapa kerajaan kecil di Pulau Bali

Dengan demikian, alasan kenapa Bedahulu bisa menjadi seorang raja di Kerajaan Bali ialah karena berani dan juga sakti.

Semoga membantu yaa :))