Jelaskan latar belakang bangsa barat melakukan penjelajahan wilayah yang berjuang pada penjajahan!

jelaskan latar belakang bangsa barat melakukan penjelajahan wilayah yang berjuang pada penjajahan!

Latar belakang bangsa barat Eropa melakukan penjelajahan samudera yang berujung dengan praktik penjajahan adalah karena jatuhnya kota Konstatinopel ke tangan Turki Utsmani.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Di Eropa ada sebuah kota yang bernama Konstatinopel yang dikuasai oleh Byzantum RomawiTimur, kota tersebut menjadi pusat ekonomi dan politik masyarakat di Eropa. Pada abad ke 15 M, mulai masuk komoditi rempah-rempah disana, dan masyarakat di Eropa bisa mendapatkan rempah-rempah dari Asia lewat pasar yang ada di Konstatinopel. Rempah-rempah digunakan untuk menghangatkan tubuh, obat-obatan, pengharum ruangan dan pengawet makanan, sehingga sangat dibutuhkan oleh orang-orang Eropa. Sayangnya wilayah Eropa tidak bisa ditumbuhi oleh tanaman rempah-rempah. Pada tahun 1453, terjadi penaklukan Konstatinopel yang dilakukan Muhammd Al-Fatih dari Dinasti Utsmani.

Sejak jatuh ke tangan Turki Utsmani, Konstatinopel ditutup bagi bangsa Eropa. Sejak saat itu bangsa Eropa mulai bertekad untuk mencari dan mendapatkan wilayah penghasil rempah-rempah asli . Bangsa Eropa mengetahui kalau daerah penghasil rempah-rempah yang asli ada di Asia. Lalu bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudera yang dipelopori oleh bangsa Eropa Portugis dan Spanyol. Akhirnya Portugis berhasil masuk ke wilayah Malaka pada 1509 dan ke Maluku pada tahun 1512. Dimana saat itu Maluku terkenal sebagai penghasil rempah-rempah no. 1 di Nusantara.

Pada awal kedatangannya, bangsa Eropa melakukan pembelian rempah-rempah untuk dijual di Eropa. Namun, karena mereka memiliki misi untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan menguasai wilayah, maka timbulah keinginan untuk menjajah. Karena dengan menjajah mereka akan menerapkan monopoli perdagangan dan melakukan kependudukan dan mendirikan pemerintahannya, sehingga dapat dengan bebas menguasai wilayah jajahan beserta sumber daya alam dan manusianya.

Dengan demikian, latar belakang bangsa barat Eropa melakukan penjelajahan samudera yang berujung dengan praktik penjajahan adalah karena jatuhnya kota Konstatinopel ke tangan Turki Utsmani.