Frozen adalah film animasi 3D yang di produksi oleh walt disney animation studios.film ini merupakan animasi ke-53 dari walt disney.frozen bercerita tentang petualangan seorang putri kerajaan mencari kakak nya yang memiliki kekuatan bisa membekukan segala hal.film ini berdasarkan buku dongeng Hans Christian Andersen yang berjudul Ratu Salju.pengisi suara film ini,antara lain kristen bell,idina menzel,jonathan grogi,Josh gad,dan santino fontana. Kutipan teks tersebut termasuk bagian?

Frozen adalah film animasi 3D yang di produksi oleh walt disney animation studios.film ini merupakan animasi ke-53 dari walt disney.frozen bercerita tentang petualangan seorang putri kerajaan mencari kakak nya yang memiliki kekuatan bisa membekukan segala hal.film ini berdasarkan buku dongeng Hans Christian Andersen yang berjudul Ratu Salju.pengisi suara film ini,antara lain kristen bell,idina menzel,jonathan grogi,Josh gad,dan santino fontana.
Kutipan teks tersebut termasuk bagian?
a.orientasi
b.evaluasi
c.rangkuman
d.tafsiran

Jawaban untuk soal ini adalah A.

Untuk memahami jawaban tersebut, perhatikan pembahasan berikut.

Resensi merupakan ulasan yang berisi tentang penilaian sebuah karya, seperti buku, film, lagu, dan sebagainya.

Struktur teks ulasan film adalah sebagai berikut.
1. Identitas merupakan struktur awal yang mencakup judul, sutradara, tahun terbit, dan sebagainya.
2. Orientasi merupakan paragraf pertama yang menjelaskan tentang kelebihan karya seperti penghargaan yang pernah didapatkan oleh karya yang sedang diresensi.
3. Sinopsis merupakan bagian yang berisi ringkasan tentang pemahaman penulis terhadap isi karya.
4. Analisis merupakan bagian berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.
5. Evaluasi merupakan bagian berupa paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya.

Berdasarkan penjelasan, kutipan teks tersebut termasuk bagian orientasi. Hal tersebut karena teks di atas berisi tentang kelebihan karya dan gambaran singkat tentang karya dan isinya. Bukti kutipan dapat dilihat dalam kalimat “Frozen adalah film animasi 3D yang diproduksi oleh Walt Disney animation studios. Film ini merupakan animasi ke-53 dari Walt Disney.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Semoga membantu, ya. 🙂