fbpx

Apa yang dimaksud dengan teori ksatria

apa yang dimaksud dengan teori ksatria

Teori Ksatria adalah salah satu teori yang mengatakan bahwa kaum ksatria yang berperan dalam masuknya ajaran dan kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Dalam kebudayaan Hindu ada yang namanya kasta, atau golongan kelas sosial berdasarkan tingkat pekerjaan/jabatan. Kasta pertama ada Brahmana (kaum agama), lalu ada Kasta Ksatria (kaum bangsawan dan prajurit), Kasta Waisya (pedaganga/pekerja) dan Sudra yaitu rakyat jelata. Sehingga para ahli sejarawan saling memberikan opini mereka terkait golongan mana yang berperan membawa kebudayaan Hindu ke Indonesia.

Salah satunya adalah Teori Ksatria yang didukung oleh sejarawan bernama Majumdar. Teori ini didasarkan pada kaum Ksatria yang terdiri dari para bangsawan atau pejabat tinggi kerajaan, tuan tanah dan para prajurit seperti panglima perang, pasukan tentara dll, yang membawa ajaran dan kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia.

Dengan demikian, Teori Ksatria adalah salah satu teori yang mengatakan bahwa kaum ksatria yang berperan dalam masuknya ajaran dan kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia.