fbpx

Dikatakan Paul Montgomery, profesor dari Birmingham University, orang-orang yang terlibat dalam kasus kekerasan di media sosial pada dasarnya memiliki masalah ¹²traumatik yang hampir sama. Itu yang biasanya memotivasi para pelaku tindak kekerasan di dunia maya. Pertimbangkan apakah kata bernomor (12) perlu diperbaiki atau tidak ….

Dikatakan Paul Montgomery, profesor dari Birmingham University, orang-orang yang terlibat dalam kasus kekerasan di media sosial pada dasarnya memiliki masalah ¹²traumatik yang hampir sama. Itu yang biasanya memotivasi para pelaku tindak kekerasan di dunia maya.

Pertimbangkan apakah kata bernomor (12) perlu diperbaiki atau tidak ….
(A) TIDAK PERLU DIPERBAIKI
(B) trauma
(C) traumatis
(D) traumatofobia
(E) traumatologi

Jawaban soal di atas adalah (C) traumatis

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Salah satu syarat paragraf yang baik adalah pemilihan diksi atau pilihan kata. Diksi yang digunakan dalam sebuah kalimat atau paragraf harus disesuaikan dengan kata baku bahasa Indonesia.

Kata baku adalah kata yang sesuai kaidah standar bahasa Indonesia yang diatur berdasarkan pedoman Ejaan Bahasa Indonesia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Ciri-ciri kata baku:
1. Tidak dipengaruhi bahasa daerah dan bahasa asing.
2. bentuknya tetap dan tidak mudah berubah.
3. Tidak mengandung makna ganda.
4. Bukan merupakan bahasa percakapan.
5. Digunakan sesuai konteks kalimat.

kata bernomor (12) pada paragraf di atas tidak baku. Kata traumatik tidak sesuai dengan kaidah kata baku bahasa Indonesia. Kata traumatik seharusnya diganti dengan kata “traumatis. Menurut kamus bahasa Indonesia traumatis adalah “menggoncangkan jiwa (tentang pengalaman yang dahsyat).”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Semoga membantu.😊