fbpx

Miliarder pendiri Xiaomi, Lei Jun baru saja mendonasikan 2,2 miliar dolar AS saham yang setara dengan Rp 31,8 triliun untuk kepentingan amal. Donasi ini terbilang cukup besar untuk seorang miliarder teknologi asal China. Dlansir dari Bloomberg di Jakarta, Senin (19/7) berdasarkan catatan Bursa Efek Hong Kong, Lei Jun mendonasikan 616 juta saham kelas B untuk Xiaomi Foundation dan Lei Jun Foundation senilai 17,4 miliar dolar Hong Kong. Miliarder berharta 23,3 miliar dolar AS (Rp 338 triliun) itu, mengikuti jejak bos ByteDace, Zhang Yiming dan bos Meituan, Wang Xing. Sebagaimana diketahui, pengawasan terhadap perusahaan teknologi tengah ketat di China. Pemerintah telah memusatkan perhatian kepada perusahaan teknologi mulai dari situs belanja daring hingga pemesanan kendaraan dan pembayaran daring. Lei Jun mengaku, perusahaan tidak mendapatkan tekanan dari pemerintah, tak seperti bos Alibaba Jack Ma. Selain itu, bos Meituan, Wang, juga sedang diperiksa pemerintah China terkait antimonopoli. Layanan ride hailing, Didi Global, juga sedang diperiksa lantaran keamanan siber. Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah

Miliarder pendiri Xiaomi, Lei Jun baru saja mendonasikan 2,2 miliar dolar AS saham yang setara dengan Rp 31,8 triliun untuk kepentingan amal. Donasi ini terbilang cukup besar untuk seorang miliarder teknologi asal China. Dlansir dari Bloomberg di Jakarta, Senin (19/7) berdasarkan catatan Bursa Efek Hong Kong, Lei Jun mendonasikan 616 juta saham kelas B untuk Xiaomi Foundation dan Lei Jun Foundation senilai 17,4 miliar dolar Hong Kong. Miliarder berharta 23,3 miliar dolar AS (Rp 338 triliun) itu, mengikuti jejak bos ByteDace, Zhang Yiming dan bos Meituan, Wang Xing. Sebagaimana diketahui, pengawasan terhadap perusahaan teknologi tengah ketat di China. Pemerintah telah memusatkan perhatian kepada perusahaan teknologi mulai dari situs belanja daring hingga pemesanan kendaraan dan pembayaran daring. Lei Jun mengaku, perusahaan tidak mendapatkan tekanan dari pemerintah, tak seperti bos Alibaba Jack Ma. Selain itu, bos Meituan, Wang, juga sedang diperiksa pemerintah China terkait antimonopoli. Layanan ride hailing, Didi Global, juga sedang diperiksa lantaran keamanan siber.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah
A. Bos Alibaba Jack Ma mendapat tekanan dari pemerintah.
B. Xiaomi tidak mendapat tekanan dari
pemerintah China.
C. Pimpinan Meituan, Zhang Yiming diperiksa terkait antimonopoli
D. Didi Global mempunyai masalah keamanan siber.
E. Pendiri Xiaomi mendonasikan 2,2 miliar dolar AS saham untuk kepentingan amal.

Jawaban soal di atas adalah C. Pimpinan Meituan, Zhang Yiming diperiksa terkait antimonopoli

Untuk memahami alasannya, simak pembahasan berikut.

Paragraf adalah bagian suatu karangan yang di dalamnya terdapat lebih dari satu kalimat yang berisi satu gagasan utama dan beberapa gagasan pendukung. Di dalam paragraf terdapat informasi.

Informasi adalah sekumpulan data dan fakta yang dikemas dan disusun agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi dalam sebuah paragraf dapat dibedakan menjadi informasi tersurat dan tersirat.
1. Informasi tersurat : informasi yang telah tertulis secara eksplisit atau langsung di dalam teks. Informasi ini dapat ditemukan pada tiap-tiap kalimat dalam teks tersebut.
2. Informasi tersirat: informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mendapatkannya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

Langkah-langkah menemukan informasi:
1. Membaca judul teks. Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menemukan informasi pada teks adalah dengan membaca judulnya. Judul akan memberikan gambaran besar akan pembahasan/isi teks.
2. Skimming atau kegiatan membaca sekilas. Tujuan skimming adalah menemukan informasi tertentu yang dibutuhkan. Skimming dapat membentuk keterampilan berpikir logis, cermat, dan sistematis dalam mencari informasi penting dalam penyelesaian masalah.
3. Mencatat isi pokok bacaan. Mencatat isi pokok bacaan menjadi langkah terakhir untuk menemukan informasi penting dalam teks. Langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik adiksimba yang merupakan singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah “Pimpinan Meituan, Zhang Yiming diperiksa terkait antimonopoli.” Pernyataan ini tidak sesuai karena pimpinan Meituan bukan Zhang Yiming tetapi Wang Xing. Hal ini dibuktikan pada kalimat ” Selain itu, bos Meituan, Wang, juga sedang diperiksa pemerintah China terkait antimonopoli.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Semoga membantu.😊