fbpx

Tuliskan dengan negara-negara apa saja Indonesia melakukan kerjasama ekonomi internasional secara Multilateraldalam organisasi G20

Tuliskan dengan negara-negara apa saja Indonesia melakukan kerjasama ekonomi internasional secara Multilateraldalam organisasi G20

Anggota G20 terdiri dari Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Uni Eropa.

Pembahasan
The Group of Twenty (G-20), merupakan bentuk kerja sama multilateral yang beranggotakan negara-negara maju dan negara-negara berkembang dari kelompok 19 negara dan Uni-Eropa yang membahas tentang kebijakan stabilitas keuangan internasional. Latar belakang terbentuknya G-20 adalah terjadinya krisis keuangan pada tahun 1998. G-20 lebih banyak menjadi ajang konsultasi dan kerja sama hal-hal yang berkaitan dengan sistem moneter internasional. Anggota G20 terdiri dari Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Uni Eropa.

Berdasarkan penjelasan di atas maka anggota G20 terdiri dari Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Uni Eropa.